Wednesday, February 18, 2015

Pengembangan Kurikulum AUD

 
16
2. Mengembangkan kemandiriannya; 3. Mempelajari perilaku yang diterima; 4. Meningkatkan keterampilan mendengar; 5. Mempelajari cara baru untuk mengekspresikan perasaan; 6. Belajar berbagi; 7. Belajar membuat pilhan-pilihan; 8. Mengembangkan otot besar maupun kecil; 9. Mempraktikan keterampilan berbicara; 10. Menggunakan cara berpikir kreatif dan imajinatif; 11. Memperkuat keterampilan penyelasaian masalah dan berpikir abstract; 12. Membuka pikiran dan sikap melalui percakapan.
 
 17
BAB III

PENUTUP A. Kesimpulan
Untuk mencapai kompetensi yang diharapkan, dari penerapan wayang dalam kegiatan bermain pada Pendidikan Anak Usia Dini. Maka guru dan orang tua sekurang-kurangnya memahami tentang : 1. Perencanakan Penggunaan Wayang dalam Pendidikan Anak Usia Dini; 2. Strategi Mempersiapkan Lingkungan Belajar yang Baik dalam Penggunaan Wayang; 3. Jenis-Jenis Wayang yang Mudah Dibuat; 4. Cara menempatkan dan Menyimpan Wayang; 5. Menghubungkan Wayang dengan Kurikulum PAUD; 6. Strategi Memperkenalkan Wayang Kepada Keluarga; 7. Tips untuk Orang Tua.
B. Saran
Demi mendukung keberhasilan penerapan wayang dan kompetensi yang dicapai peserta didik maka perlu adanya upaya untuk : 1. Membina kerjasama yang baik antara guru dan orang tua dalam implementasi penggunaan wayang ini; 2. Memasukkan karakter atau tokoh yang sesuai dengan kebudayaan Indonesi, demi membangun kecintaan dan kebanggaan anak pada budaya sendiri.
 
 18
DAFTAR PUSTAKA
Hilda L Jackman.
Early Childhood Curriculum (A Child’s Connection to the
World) Fourth Edition
. United Stated of America : Delmar,2009

No comments:

Post a Comment