16
2.
Mengembangkan kemandiriannya; 3. Mempelajari perilaku yang diterima; 4.
Meningkatkan keterampilan mendengar; 5. Mempelajari cara baru untuk
mengekspresikan perasaan; 6. Belajar berbagi; 7. Belajar membuat
pilhan-pilihan; 8. Mengembangkan otot besar maupun kecil; 9. Mempraktikan
keterampilan berbicara; 10. Menggunakan cara berpikir kreatif dan imajinatif; 11.
Memperkuat keterampilan penyelasaian masalah dan berpikir abstract; 12. Membuka
pikiran dan sikap melalui percakapan.
17
BAB III
PENUTUP A.
Kesimpulan
Untuk
mencapai kompetensi yang diharapkan, dari penerapan wayang dalam kegiatan
bermain pada Pendidikan Anak Usia Dini. Maka guru dan orang tua
sekurang-kurangnya memahami tentang : 1. Perencanakan Penggunaan Wayang dalam
Pendidikan Anak Usia Dini; 2. Strategi Mempersiapkan Lingkungan Belajar yang
Baik dalam Penggunaan Wayang; 3. Jenis-Jenis Wayang yang Mudah Dibuat; 4. Cara
menempatkan dan Menyimpan Wayang; 5. Menghubungkan Wayang dengan Kurikulum
PAUD; 6. Strategi Memperkenalkan Wayang Kepada Keluarga; 7. Tips untuk Orang
Tua.
B. Saran
Demi
mendukung keberhasilan penerapan wayang dan kompetensi yang dicapai peserta
didik maka perlu adanya upaya untuk : 1. Membina kerjasama yang baik antara
guru dan orang tua dalam implementasi penggunaan wayang ini; 2. Memasukkan
karakter atau tokoh yang sesuai dengan kebudayaan Indonesi, demi membangun
kecintaan dan kebanggaan anak pada budaya sendiri.
18
DAFTAR
PUSTAKA
Hilda L
Jackman.
Early
Childhood Curriculum (A Child’s Connection to the
World)
Fourth Edition
. United
Stated of America : Delmar,2009
No comments:
Post a Comment