Wednesday, February 18, 2015

Pembelajaran Sains AUD

PEMBAHASAN
2.1         Kemampuan Dasar Sains
Beberapa anak membandingkan tekstur pasir dalam wadah yang berbeda. Anak-anak lain mencoba untuk menghanyutkan tongkat kayu kecil dalam air. Anda juga menemukan bahwa banyak di temukan minat anak yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Anda mendengar dua anak meminta guru apa yang telah terjadi pada jeruk yang mereka bawa untuk camilan beberapa hari yang lalu itu ditutupi dengan cetakan. Anda melihat bahwa guru tidak membuang jeruk tersebut tetapi meminta anak-anak keluar untuk melihat dan mencium bau.
Di jam kedua, Anda menyaksikan anak-anak berusia tujuh tahun diperintahkan untuk mengambil buku pengetahuan mereka. Mereka diberi tugas untuk menyelesaikan percobaan yang dijelaskan dalam buku mereka. Mereka mengamati hasil pencampuran bubuk dengan air. Pada akhir percobaan, guru membimbing diskusi anak-anak dari pengamatan mereka. Kemudian mereka membaca diskusi tentang melarutkan tersebut.
Setelah mengamati dua ruang kelas, adapun pertanyaan yang anda punya. apa itu pengetahuan? pembelajaran informal yang mengambil tempat di kelas anak-anak di bawah umur, atau pembelajaran itu dipandu lebih formal yang di mana anak-anak yang berpartisipasi?
2.1.1        Definisi Ilmu Pengetahuan
Secara umum, ilmu adalah proses mengamati, berpikir, dan merenungkan tindakan dan peristiwa. Kilmer dan Hofman (1995) mendefinisikan sains lebih khusus sebagai "pengetahuan tentang Fenomena spesifik, proses yang digunakan untuk mengumpulkan dan melihat daya informasi, dan sebagai aspek baru ditambahkan, (teknologi saat didefinisikan sebagai) penerapan ilmu pengetahuan untuk masalah adaptasi manusia untuk lingkungan.
Anak yang terlibat dalam pemikiran ilmiah membangun kerangka hubungan di mana informasi faktual dapat diatur ke dalam konsep yang bermakna dan berguna. Sains adalah sikap yang dicontohkan oleh rasa ingin tahu dan minat di dunia. Sains adalah pemecahan masalah. Ilmu bukan hanya fakta dan rumus menghafal belajar.
Ilmu pengetahuan dalam pendidikan anak usia dini mendorong anak-anak untuk mengeksplorasi lingkungan mereka dan merefleksikan pengamatan dan penemuan mereka itu adalah bagian dari pendekatan  terpadu yang sedang berlangsung di mana anak-anak berpikir dan membangun pemahaman dasar tentang dunia.
Banyak guru melaporkan bahwa mereka merasa kurang siap untuk mengajarkan ilmu dari pada subyek lain (Wenner 1993). Mungkin perasaan seperti itu adalah hasil dari guru kesalahpahaman bahwa ilmu pengetahuan membutuhkan bahan rumit dan adalah subjek sulit untuk menguasai. Pandangan ini ilmu pengisian lebih banyak guru di semua tingkatan kelas didorong untuk berpikir tentang ilmu pengetahuan yang mengeksplorasi dan bertanya daripada belajar fakta-fakta tertentu.
2.1.2        Tujuan Sains untuk Pendidikan Anak Usia Dini
Tujuan mendasar dari pendidikan sains adalah untuk mengembangkan individu agar melek terhadap ruang lingkup sains itu sendiri serta mampu menggunakan aspek-aspek fundamental dalam memecahkan masalah yang dihadapinya. Jadi fokus program pengembangan pembelajaran sains hendaklah ditujukan untuk memupuk pemahaman, minat dan penghargaan anak didik terhadap dunia di mana mereka hidup (su-maji, 1988).
Leeper (1994), pada hal-hal di atas secara umum menyampaikan bahwa pengembangan pembelajarn sains pada anak usia dini hendaklah di tujukan untuk merealisasikan empat hal yaitu:
1.      Pengembangkan pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya melalui penggunaan metode sains, sehingga anak-anak terbantu dan menjadi terampil dalam menyelesaikan berbagai hal yang dihadapinya.
2.      Pengembangkan pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak memiliki sikap-sikap ilmiah. Misalkan tidak cepat-cepat dalam mengambil keputusan , dapat melihat segala sesuatu dari berbagai sudut pandang, berhati-hati terhadap informasi-informasi yang diterimanya serta bersifat.
3.      Pengembangkan pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak mendapatkan pengetahuan dan informasi ilmiah (yang lebih dipercaya dan baik).
4.      Pengembangkan pembelajaran sains pada anak usia dini ditunjukan agar anak-anak menjadi lebih berminat dan tertarik untuk menghayati sains yang berbeda dan ditemukan di lingkungan dan alam sekitarnya.
Dari seluruh uraian di atas, secara lebih rinci tujuan sains atau pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Membantu pemahaman anak tentang konsep sains dan terkaitannya dengan kehidupan sehari-hari
2.      Membantu melekatkan aspek-aspek yang terkait dengan keterampilan proses sains, sehingga pengetahuan dan gagasan tentang alam sekitar dalam diri anak menjadi berkembang
3.      Membantu menumbuhkan minat pada anak untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian di luar lingkungannya.
4.      Menfasilitasi dan mengembangkan sikap ingin tahu , tekun , terbuka, kritis, mawas diri, bertanggung jawab , bekerjasama dan mandiri dalam kehidupannya
5.      Membantu anak agar mampu menerapkan berbagai konsep sains untuk menjelaskan gejala-gejala alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
6.      Membantu anak agar mampu menggunakan teknologi sederhana yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang di temukan dalam kehidupan sehari-hari.
2.2          Proses-proses Pembelajaran dalam Sains
2.2.1        Proses Ilmiah
Proses ilmiah merupakan siklus membentuk hipotesis, pengumpulan data, mengkonfirmasi atau tidak menggunakan hipotesis, membuat generalisasi, dan kemudian mengulangi siklus. Keterampilan dasar yang digunakan dalam proses ilmiah termasuk mengamati, mengklasifikasi dan membandingkan, mengukur, berkomunikasi, bereksperimen, berkaitan, menyimpulkan, dan menerapkan. Karena menyimpulkan dan menerapkan membutuhkan pemikiran yang lebih abstrak, anak-anak seharusnya tidak diharapkan untuk menjadi kompeten dalam keterampilan ini dalam arti formal.
2.2.2        Proses Keterampilan Ilmiah Anak Usia Dini
Anak-anak menemukan konten ilmu dengan menerapkan proses ilmu pengetahuan. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan ilmiah, diskusi kelas, membaca, dan berbagai strategi pengajaran lainnya. Ini adalah keterampilan berpikir diperlukan untuk belajar ilmu pengetahuan.
Keterampilan proses adalah mereka yang memungkinkan anak untuk memproses informasi baru melalui eksperimen. Keterampilan yang paling sesuai untuk anak usia dini adalah mengamati, mengklasifikasi, membandingkan, mengukur, mengkomunikasikan, dan eksperimen. Mengasah keterampilan ini sangat penting untuk menghadapi kehidupan sehari-hari serta untuk studi masa depan dalam ilmu pengetahuan dan matematika anak.
Beberapa keterampilan, yang berlaku untuk program ilmu anak usia dini, yaitu:
a.      Mengamati
Melihat dan mengamati hal yang tidak sama. Guru perlu memberikan bimbingan dalam teknik observasi. Anak-anak dapat didorong untuk memperhatikan dalam tindakan spesifik atau informasi. Misalnya, anak dapat memberanikan diri  untuk mengamati perilaku burung di tanah - apakah itu berjalan atau naik? Pengamatan ini tentu tidak terbatas pada visual, melainkan harus melibatkan semua indera - melihat, mendengar, mencium, mencicipi, dan perasaan.
b.      Klasifikasi
Klasifikasi adalah keterampilan proses dasar yang digunakan dalam mengorganisir informasi. Dalam rangka untuk mengklasifikasikan benda-benda atau informasi, anak-anak harus dapat membandingkan dan seimbang dengan sifat benda atau informasi. Anak-anak mulai mengklasifikasikan berdasarkan fungsi, warna, dan bentuk. Anak-anak dapat mengklasifikasikan berdasarkan karakteristik atau sifat-sifat tertentu, tetapi klasifikasi perkalian, di mana objek yang diterima ke dalam beberapa kategori, sulit bagi anak-anak di usia dini.
Anak-anak harus mampu untuk berpikir dalam hal operasional konkret sebelum mereka bisa memikirkan benda sebagai termasuk untuk beberapa kategori sekaligus, dan sebagian besar anak-anak tidak pemikir konkret di tahun-tahun anak usia dini. Guru dapat mendorong anak untuk mengklasifikasikan benda-benda dan untuk menjelaskan bagaimana benda telah dikelompokkan. Anak-anak dapat mengklasifikasikan blok dengan bentuk, kelompok bahan-bahan yang disimpan di area seni, atau tombol semacam daun, kerang, atau koleksi lainnya.
c.       Membandingkan
Membandingkan adalah proses pemeriksaan objek dan peristiwa dalam hal kesamaan dan perbedaan. Ini biasanya melibatkan mengukur, menghitung, mengukur, dan mengamati dengan seksama. Membandingkan penting karena anak-anak mengamati, misalnya, perilaku tikus dan marmut dan kemudian menentukan apa yang sama dan berbeda tentang mereka. Contoh lain anak membandingkan kelopak pada mahkota dengan mawar.
d.      Mengukur
Pengukuran adalah keterampilan proses dasar yang diperlukan untuk mengumpulkan data. Pengukuran tidak hanya mengacu pada menggunakan ukuran standar. Anak-anak dapat mengukur makanan hamster oleh sendok, memotong seutas tali tinggi tanaman kacang mereka, membandingkan ukuran benih atau batu, atau menggunakan gelas atau mengumpulkan salju dan mengamati jumlah air yang dihasilkan saat salju mencair.
e.       Komunikasi
Berkomunikasi adalah keterampilan proses dasar yang lain. Anak-anak dapat didorong untuk berbagi pengamatan dan koleksi data mereka melalui berbagai cara. Mereka dapat berbicara tentang temuan mereka, membuat catatan bergambar, menghasilkan diagram dan grafik, atau narasi dalam rangka untuk berbagi informasi, data, dan kesimpulan. Proses komunikasi adalah penting, karena anak-anak mulai memahami bagaimana pengetahuan dibuat dalam bidang ilmu pengetahuan.
f.       Eksperimen
Bereksperimen bukanlah proses baru untuk anak-anak. Mereka telah melakukan percobaan sejak mereka pertama kali mengambil mainan atau melemparkan semangkuk sereal. Dalam proses ilmiah, bereksperimen berarti mengendalikan satu atau lebih variabel dan kondisi memanipulasi.
Guru dapat membantu anak-anak memikirkan kegiatan bermain mereka sebagai percobaan dengan terampil mempertanyakan dan mendorong anak-anak untuk merefleksikan tindakan mereka dan hasil dari tindakan mereka. Ketika anak-anak mencoba untuk menyeimbangkan satu balok pada sebuah menara balok, penurunan pewarna makanan ke dalam gelas air, atau tumbuhan beberapa benih di tanah yang berbeda, mereka dapat dibimbing untuk berpikir kegiatan ini sebagai percobaan.
g.      Berkaitan, Menyimpulkan, Menerapkan
Anak-anak akan menggunakan keterampilan proses yang berkaitan, menyimpulkan, dan menerapkan hanya dengan cara sangat informal:
·         terkait adalah proses menggambar abstrak dari bukti konkret. Misalnya, anak yang mengamati beku air mungkin tidak mampu berhubungan pengamatan bahwa dengan ide abstrak yang diberi cairan menjadi padatan pada suhu tertentu.
·         Menyimpulkan adalah kemampuan untuk menentukan hubungan sebab dan akibat atau penjelasan untuk fenomena ketika proses tidak langsung diamati. Contoh fenomena teramati tersebut termasuk listrik dan magnet.
·         Menerapkan menggunakan informasi dari pengalaman untuk menciptakan, membuat, memecahkan masalah baru, dan menentukan probabilitas. Anak-anak dapat terlibat dalam menerapkan pengetahuan ilmiah tapi tidak dalam, pengertian analisis formal. Misalnya, jika anak-anak dapat mengamati perilaku air ketika ia jatuh pada malam musim dingin, mereka dapat menerapkan beberapa pengamatan ini untuk cairan lain dan membuat prediksi tentang apa yang akan terjadi pada mereka dalam kondisi yang sama. Hal ini tidak masuk akal, namun untuk mengharapkan anak-anak untuk menganalisis hasil dan menerapkannya tanpa memberikan pengalaman konkret untuk dipikirkan.
2.2.3        Mengembangkan Sikap Ilmiah
Dalam beberapa hal, sikap terhadap subjek atau kegiatan dapat sama pentingnya dengan subyek itu sendiri. Saah satucontoh adalah: individu yang tahu bahwa merokok bisa membunuh tetapi terus merokok, atau orang yang tahu bahwa mengenakan sabuk pengaman sangat meningkatkan peluang mereka untuk menghindari kecelakaan dan mencegah cedera, namun memilih untuk tidak memakainya. sama halnya dengan sikap ilmiah.
1)      Rasa ingin tahu
anak usia dini mentalnya belum dikembangkan ke titik di mana mereka bisa berpikir secara sadar tentang membentuk sikap untuk masalah sistematis mengejar, tetapi mereka dapat mempraktekkan perilaku yang akan menciptakan kebiasaan jangka panjang yang mencerminkan sikap ilmiah.
Keingintahuan dianggap salah satu sikap yang paling berharga yang dapat diproses oleh siapapun. dibutuhkan individu penasaran untuk melihat sesuatu dari sesuatu yang baru prespektif, pertanyaan panjang diyakini benar atau melihat lebih cermat pada pengecualian dari aturan. Pendekatan ini yang dasar bagi ilmu pengetahuan adalah wajar untuk anak-anak. mereka menggunakan semua indera dan energi mereka untuk "mencari tahu" tentang dunia diseluruh mereka. dari sepuluh tahun pengalaman formal di sekolah, yang memungkinkan sedikit waktu eksplorasi dan interogasi, memadamkan karakteristik yang berharga ini. pengalaman pendidikan yang memanfaatkan pengalaman langsung penyelidikan seperti belajar siklus memanfaatkan rasa ingin tahu alami anak daripada mencoba untuk menekannya
2)     Keraguan
Anda percaya semua yang Anda lihat? apakah Anda skeptis tentang beberapa hal yang Anda dengar? baik! Sikap ini mencerminkan skeptisisme yang sehat diperlukan oleh kedua ilmu pengetahuan dan lingkungan anak. anak-anak perlu didorong untuk mempertanyakan, bertanya-tanya, bertanya "mengapa" dan berhati-hati menerima hal-hal pada nilai nominal. Pengalaman dirancang di sekitar obseration langsung fenomena dan pengumpulan data secara alami mendorong anak untuk mengeksplorasi situasi baru secara obyektif dan terbuka - mode berpikiran. jenis pengalaman bisa berbuat banyak untuk mengembangkan kepercayaan diri dan skeptisisme yang sehat
3)     Pendekatan positif terhadap kegagalan dan citra diri
pendekatan positif terhadap kegagalan dan citra diri yang positif adalah sikap terkait erat. Anak perlu diberi keseempatan untuk mengajukan solusi mereka sendiri untuk masalah. Pada  waktu ini dapat berarti bahwa mereka akan berfikir buntu, tetapi sering lebih banyak dipelajari dalam pengejaran daripada jawaban yang benar. jika anak-anak dikondisikan untuk melihat ke figur dewasa untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah, mereka akan memiliki waktu yang sulit mendekati masalah baru baik sebagai mahasiswa dan sebagai orang dewasa.
2.3         Standar Sains untuk Pendidikan
Pendidikan (SNP ) Standar Nasional Sains, diterbitkan pada tahun 1996 oleh National Research Council, dimaksudkan untuk "menyajikan visi keaksaraan ilmukategori penduduk" ( Akademi Nasional Pers 2006). Dengan demikian, mereka harus dianggap sebagai kerangka kerja yang akan membantu memandu perencanaan dari kurikulum sains.
Standar, bagaimanapun, mendikte kurikulum khusus. Mereka mengidentifikasi bidang ilmu, isi yang "dapat diatur dan disajikan dengan berbagai penekanan yang berbeda dan perspektif dalam berbagai kurikulum yang berbeda" ( National Academic Press 2006).
Meski begitu,  standar penerbit merekomendasikan mereka secara keseluruhan "karena setiap standar isi  pengetahuan dan keterampilan standar lainnya .... Meskipun bahan dapat ditambahkan dengan standar isi, hanya menggunakan standar akan meninggalkan kesenjangan dalam literasi sains diharapkan siswa" ( Akademi Nasional Pers 2006 ).
2.4         Ilmu Hidup/ Biologi
Pembagian konsep dan prinsip dasar sains yang perlu dikenalkan untuk bidang Ilmu hidup atau makhluk dan kehidupannya menurut Dra. Mas’udah, M.Pd. (2012) antara lain:
a.       persamaan dan perbedaan diantara makhluk hidup,
b.      cara makhluk hidup berinteraksi dengan makhluk hidup lainnya,
c.       bagaimana makhluk hidup berinteraksi dengan lingkungannya
d.      cara makhluk hidup berubah dalam berbagai aspek sepanjang hidupnya dan dalam jangka waktu yang lama
e.       tubuh manusia dan binatang
f.       cara manusia dan binatang menggunakan makhluk hidup lainnya untuk memenuhi kebutuhannya
g.      cara lingkungan alam terpengaruh oleh kegiatan teknologi.
Sedangkan menurut standar NSE untuk ilmu kehidupan meliputi tujuan-tujuan untuk pengetahuan konten:
a.       Karakteristik organisme
b.      Siklus hidup organisme
c.       Organisme dan lingkungan sekitar (NRC 1996)
Dalam kelas konstruktivis, peran guru dalam membantu anak-anak berhubungan dengan alam tidak akan sama persis seperti dalam mengajar ilmu bumi atau ilmu fisik. Di daerah-daerah, guru dapat memberikan anak-anak dengan bahan dan waktu sehingga mereka dapat melakukan percobaan untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka. Tapi seperti Chaille dan Inggris (1991) mengingatkan kita, eksperimen tersebut tidak mungkin dengan sebagian besar pertanyaan tentang alam. Anak-anak tidak bisa dibiarkan untuk bereksperimen dengan cara yang dapat membahayakan makhluk lain, bahkan jika hal itu akan menjawab pertanyaan mereka.
2.5         Pengintegrasian Sains dalam Kurikulum
Ilmu ini sangat menarik untuk anak-anak yang dapat digunakan sebagai kekuatan pemersatu dalam perencanaan kurikulum (Perancis 2004). Anak-anak dapat menyelidiki berbagai topik, membaca tentang mereka, menulis tentang mereka, mempresentasikan ide mereka kepada orang lain, dan mengeksplorasi bagaimana topik ini berhubungan dengan komunitas sosial mereka. Misalnya, membangun kurikulum sekitar tema tumbuh mungkin melibatkan anak-anak dalam studi hewan dan siklus hidup mereka, tanaman dan pertumbuhan mereka, dan pertumbuhan anak itu sendiri. Ketika mereka mengamati, mengukur, dan melaporkan pengamatan mereka, mereka akan memenuhi tujuan di banyak bidang pembelajaran.
Ilmu pendidikan merupakan bagian yang sering diabaikan dari kurikulum di sekolah dasar, khususnya selama nilai primer. Jika ilmu yang diajarkan, sering dikurangi menjadi komplikasi fakta yang tidak berarti bagi seorang anak muda. Ini merupakan pilihan baik siswa dan guru mereka. Jika guru akan mengambil pendekatan pembelajaran berarti bagi ilmu pengetahuan, mereka akan mampu memanfaatkan rasa ingin tahu alami anak-anak tentang dunia sekitarnya. Salah satu cara untuk mencapai hal ini akan dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan keaksaraan.
Studi dengan keaksaraan telah menunjukkan bahwa jika membaca dapat berhubungan dengan kehidupan sehari-hari anak, menjadi lebih bermakna bagi anak, karena ia memahami penggunaan praktis dan sebagai bersemangat untuk mendapatkan keterampilan ia melihat orang dewasa menggunakan setiap hari (Y. Goodman 1986; Purcell Gates-1996, Roskos dan Neuman 1994, Strickland 1990). Guru sudah menggunakan ide-ide seperti kantor pos mengejek dan kreasi buku siswa untuk membuat keaksaraan lebih bermakna. Guru juga bisa menggunakan ilmu pengetahuan seperti pencatatan data dari percobaan sederhana, untuk menekankan kesadaran sebagai alat yang berguna dalam daerah lain belum.
2.5.1        Sains dan Keaksaraan
Kegiatan sains adalah sumber dari banyak pengalaman keaksaraan. Moore, Hart, dan Daisey (2004) menemukan bahwa anak-anak yang terdaftar dalam program setelah sekolah termotivasi untuk terlibat dalam kegiatan keaksaraan ketika tugas yang terkait dengan topik ilmu.
Sebagai contoh, dalam sebuah studi siklus hidup ayam (atau burung), anak-anak bisa komputer biaya telur, mencatat jumlah hari sebelum telur menetas, dan pastikan bahwa temperatur dijaga pada pengaturan yang benar dalam inkubator. Sebagai anak ayam menetas, anak-anak dapat merekam penampilan mereka (dalam gambar), berapa banyak makanan yang mereka makan setiap hari (grafik), dan bagaimana perubahan saat mereka tumbuh (dalam jurnal dengan kata-kata dan gambar). Selain itu, guru dapat membuat buku yang tersedia tentang penetasan ayam, membaca tentang anak ayam dan menetas mereka, dan membantu anak-anak membuat poster untuk mengingat urutan kejadian dalam penetasan telur. Ketika anak ayam sudah cukup tua, anak-anak bisa menulis surat ke peternakan di mana anak-anak ayam akan pergi untuk tinggal, menjelaskan mengapa mereka mempelajari penetasan anak ayam dan apa yang mereka pelajari. Mereka juga dapat membuat buku untuk mengingat pengalaman secara berurutan dan menulis atau mendikte isi. Mereka dapat mengilustrasikan buku dengan gambar dan / atau foto-foto anak-anak ayam dalam berbagai tahap.
Anak-anak juga dapat didorong untuk menulis tentang ilmu cara selain eksperimen perekaman. Sekali lagi, memiliki anak tetap jurnal ilmiah memungkinkan mereka untuk merekam temuan dan penemuan mereka dengan gambar dan teks. Misalnya, anak-anak mungkin menulis narasi menjelaskan bagaimana dan oranye dibentuk atau bagaimana wortel kering saat ditinggalkan cukup lama. Feely (1993) menunjukkan bahwa anak-anak dapat menulis teks prosedural (bagaimana melakukan sesuatu) dan penjelasan (bagaimana sesuatu bekerja) dan menggambar diagram alur yang menyertainya.
2.5.2        Identifikasi Manfaat Penempatan Sains dalam Kurikulum
Penempaatan Sains pada kurikulum pendidikan anak usia dini menurut Conezio dan Perancis ( 2003) mengidentifikasikan  manfaatnya sebagai berikut:
1.      Ilmu menanggapi kebutuhan anak-anak untuk belajar tentang dunia di sekitar mereka.
2.      Pengalaman sehari-hari anak-anak adalah dasar untuk ilmu pengetahuan.
3.      Ilmu kegiatan terbuka melibatkan anak-anak pada berbagai tingkat perkembangan.
4.      Tangan-atas kegiatan sains membiarkan guru mengamati dan respon terhadap kekuatan individu dan kebutuhan anak-anak.
5.      Pendekatan ilmiah " trial and error " menyambut kesalahan - menafsirkannya sebagai informasi berharga , bukan sebagai kegagalan.
6.      Ilmu sangat mendukung bahasa dan keaksaraan.
7.      Sains membantu pelajar bahasa Inggris untuk berpartisipasi dalam kelas dan belajar bahasa Inggris.
8.      Keterampilan pemecahan masalah ilmu pengetahuan dengan mudah generalisasi ke situasi sosial.
9.      Demonstrasi ilmu membantu anak-anak menjadi nyaman dalam percakapan kelompok besar.
10.  Ilmu mudah menghubungkan ke daerah lain, termasuk bermain berbasis pusat, matematika, ekspresi seni, dan ilmu sosial.
2.5.3        Pengorganisasian dalam Pembelajaran Sains
Dalam rangka untuk mengajar secara efektif, guru harus mengatur apa yang mereka berencana untuk mengajar. Bagaimana mereka mengatur tergantung pada situasi pengajaran mereka. Beberapa kabupaten sekolah mengharuskan serangkaian buku teks atau kurikulum panduan digunakan saat mengajar ilmu pengetahuan. Beberapa memiliki program sepenuhnya dikembangkan mengikuti, dan lain-lain tidak memiliki pedoman yang ditetapkan. Terlepas dari arahan kabupaten, strategi yang dibahas dalam bab ini dapat disesuaikan dengan berbagai situasi pengajaran.
Beberapa perencanaan pembelajaran sains antara lain,
1)      Perencanaan untuk mengembangkan konsep ilmu
Pertanyaan pertama untuk bertanya ketika mengatur untuk mengajar, "Apa yang saya ingin anak-anak tahu?" Dan "Apa cara terbaik untuk melakukan ini?"
Mulai perencanaan anda dengan
1.        Memilih konsep apa yang anda ingin anak-anak tahu tentang di topik. Misalnya, topik "udara" berisi banyak konsep sains. Untuk konsep tentang udara yang bisa diajarkan kepada anak adalah:
a.       Air ada di sekitar kita
b.      Air membutuhkan ruang
c.       Air dapat membuat kebisingan
d.      Air dapat menjadi panas dan dingin
2.        Mmenambahkan kegiatan yang sesuai untuk mencapai tujuan anda. Kuncinya memikirkan beberapa strategi yang terbaik akan membantu anda mengajarkan tentang udara. Ingat, "main-main" waktu dan pengalaman langsung sangat penting untuk belajar.
3.        Menunjukkan sekilas konsep utama dan kegiatan yang akan dimasukkan dalam unit ini. Anda mungkin tidak ingin mengajarkan semua kegiatan ini tetapi anda akan memiliki keuntungan dari fleksibilitas ketika Anda membuat keputusan.
4.        Alihkan perhatian ke bagaimana anda akan mengevaluasi belajar anak-anak. Ingat prasekolah dan anak-anak usia SD tidak akan mampu untuk verbalisasi pemahaman yang benar mereka konsep. Mereka hanya belum maju ke tahap berpikir formal. Sebaliknya, mintalah anak menunjukkan pengetahuan mereka dengan cara yang dapat diamati. Mintalah mereka menjelaskan, memprediksi, tunjukkan, katakan, menggambar, menggambarkan, membangun, dan seterusnya. Ini adalah kata kerja yang menunjukkan tindakan dari beberapa jenis. Misalnya, sebagai mahasiswa menjelaskan kepada anda mengapa mereka telah dikelompokkan bersama tombol dengan cara tertentu, yakinlah bahwa fakta-fakta yang ada dan begitu pula konsep, dan suatu hari mereka akan datang bersama-sama dalam sebuah pernyataan konsep sepenuhnya dikembangkan. Pengembangan konsep membutuhkan waktu dan tidak bisa diburu-buru.
2)      Perencana jangka panjang untuk mengatur pengalaman ilmu seputar topik tertentu. Unit formal biasanya mengandung tujuan-tujuan dan sasaran, serangkaian pelajaran, dan rencana evaluasi. Tujuan adalah pernyataan luas yang menunjukkan di mana anda, menuju dengan topik tersebut. Tujuan menyatakan bagaimana Anda berencana untuk mencapai tujuan Anda. Arah pengajaran praktis disediakan oleh rencana pelajaran setiap hari. Sebuah rencana evaluasi diperlukan untuk menilai belajar siswa dan mengajar anda sendiri. Ada berbagai cara komponen ini dapat diatur, tetapi angka 7-9 menguraikan bahan penting.
3)      perencanaan pelajaran
RPP merupakan komponen penting dari unit. Ini membantu anda merencanakan pengalaman yang akan membantu dalam pengembangan konsep. RPP berikut adalah beradaptasi dan berfokus pada pengembangan konsep ilmu, bahan memanipulasi, dan memperkuat konsep dengan kegiatan tambahan dan tunduk integrasi daerah. Lihat untuk mencari 7-10. Gelembung Machine, untuk contoh pelajaran ini rencana formal.
2.5.4        Komponen-komponen Rencana Pembelajaran Sains
Beberapa komponen rencana pembelajaran sains adalah:
1.      Konsep. Konsep biasanya bagian paling sulit dari rencana pelajaran. Godaan adalah untuk menulis sebuah tujuan, atau judul topik. Namun, dalam rangka untuk benar-benar fokus pengajaran anda pada konsep utama yang harus dikembangkan, anda harus menemukan ilmu pengetahuan dalam apa yang anda berniat untuk mengajar. Misalnya, tanyakan diri anda, "Apa yang saya ingin anak-anak untuk belajar tentang udara?"
2.      Tujuan. Kemudian tanyakan, "Apa yang saya ingin anak-anak lakukan untuk membantu mereka memahami udara yang menempati ruang?," Ketika anda telah memutuskan pada pengalaman dasar, pastikan dan mengidentifikasi keterampilan proses bahwa anak-anak akan menggunakan. Dengan cara ini, anda akan menyadari isi dan proses tentukan proses pengajaran dalam hal perilaku. Negara perilaku apa yang anda ingin anak-anak untuk menunjukkan. Ini akan membuat evaluasi lebih mudah karena anda telah menyatakan apa yang anda harapkan anak-anak untuk menyelesaikan. Meskipun banyak pendidik menyatakan tujuan perilaku dengan kondisi, sebagian besar guru menemukan bahwa memulai sebuah pernyataan dengan "anak harus bisa" diikuti dengan kata kerja tindakan adalah cara yang efektif untuk tujuan negara. Beberapa contoh mungkin:
Anak harus dapat menjelaskan bagian-bagian dari bunga.
Anak harus mampu membangun diorama habitat harimau
Anak harus dapat membuat suatu gambar yang menunjukkan berbagai jenis hidung hewan
3.      Material. Agar anak untuk memanipulasi material, anda harus memutuskan materi yang harus diatur terlebih dahulu pelajaran?
4.      Prosedur. Ketika merencanakan pelajaran bertanya, "Bagaimana pengalaman ini dilakukan?" Anda harus memutuskan bagaimana anda akan memulai pelajaran dengan anak-anak, menyajikan pengalaman belajar, dan berhubungan konsep kepada anak-anak pengalaman masa lalu. Pertanyaan yang mendorong pembelajaran harus dipertimbangkan dan dimasukkan dalam rencana pembelajaran.
Disarankan bahwa pengalaman memulai memulai pelajaran. Pengalaman ini bisa menjadi "main-main" dengan stadium bahan siklus belajar, peristiwa demonstrasi atau tidak, urutan pertanyaan yang menjembatani apa yang anda berniat untuk mengajar dengan pelajaran atau pengalaman sebelumnya. Idenya adalah bahwa anda ingin merangsang dan menarik minat anak-anak tentang apa yang akan mereka lakukan dalam pelajaran.
5.      Perhatian. Untuk memastikan pembelajaran maksimum konsep, cara untuk menjaga ide akan harus direncanakan. Hal ini dapat dilakukan dengan memperluas konsep dengan kegiatan belajar tambahan, mengintegrasikan konsep menjadi bidang studi lain, menyiapkan pusat belajar, dan sebagainya.\
6.      Strategi penilaian anak
Anda tidak dapat mengajar secara efektif jika anda tidak berencana untuk evaluasi. Untuk melanjutkan dengan pelajaran lain sebelum anda tahu apa siswa memahami dari pelajaran saat ini tampaknya sia-sia. Salah satu alasan untuk menghindari evaluasi mungkin kecenderungan untuk mengasosiasikan evaluasi panjang dengan gradasi panjang. Ini adalah konsep yang salah. Grading terjadi ketika simbol yang berdiri untuk tingkat pencapaian ditugaskan untuk belajar. Evaluasi, di sisi lain, adalah mencari tahu apa siswa memahami. Evaluasi terjadi sebelum, selama, dan setelah mengajar.
Evaluasi dilakukan sebelum mengajar adalah diagnostik di alam dan terjadi ketika anda menilai apa yang anak tahu tentang topik dan menentukan tahap perkembangan mereka masuk misalnya, ketika anda meminta anak-anak di mana mereka pikir hujan berasal dari, anda mengevaluasi dan menemukan kesalahpahaman.
Sebagai guru mengevaluasi kemajuan siswa selama pembelajaran, perubahan strategi pengajaran yang memutuskan. Jika salah satu strategi tidak bekerja, mencoba sesuatu yang lain.
a.        Strategi observasi dengan catatan pengamatan atau grafik
Sebagai anak-anak bekerja pada proyek, anda akan menemukan diri anda berinteraksi dengan mereka secara informal. Dengarkan baik-baik kepada anak-anak komentar dan menonton mereka memanipulasi material. Anda tidak bisa membantu tetapi menilai bagaimana hal tersebut terjadi. anda bahkan mungkin ingin menyimpan catatan pengamatan atau membuat grafik yang mencerminkan bidang yang menjadi perhatian bagi anda, seperti sikap atau interaksi antara mahasiswa. Ketika pengamatan ditulis dalam cara yang terorganisir, mereka disebut catatan anekdot .
b.        Catatan anekdot
Jika anda memutuskan untuk menggunakan catatan anekdot, pastikan untuk menuliskan tanggal dan nama dan memberitahu siswa anda melacak hal-hal yang terjadi. Sebuah tinjauan catatan anda akan sangat berharga ketika anda menyelesaikan unit. Pengamatan Perekaman dapat menjadi kebiasaan dan memberikan alat tambahan dalam menilai pembelajaran anak-anak dan strategi pengajaran anda. Anekdot juga sumber daya berharga untuk konferensi orang tua.
Tanggapan untuk pertanyaan lisan dapat membantu dalam mengevaluasi saat mengajar. Ekspresi wajah terutama jitu. Semua orang telah mengamati tampilan kosong yang biasanya menunjukkan kurangnya pemahaman. Tampilan ini mungkin karena pertanyaan yang diajukan terlalu sulit. Jadi, tanyakan pertanyaan yang mudah atau menyajikan pertanyaan anda dengan cara yang berbeda untuk hasil yang lebih baik
c.         Mengulas kembali materi belajar
Beberapa guru menulis pertanyaan gagasan utama di papan tulis. Kemudian, mereka menempatkan grafik di samping pertanyaan dan label "Apa yang kami temukan". Sebagai kemajuan pelajaran, grafik diisi oleh kelas sebagai cara untuk menunjukkan kemajuan dan meninjau pelajaran atau unit.
7.      Mengevaluasi unit
Seberapa baik anda merancang unit anda? Tanyakan kepada diri Anda beberapa pertanyaan, seperti berikut ini, untuk membantu mengevaluasi pekerjaan Anda. Pertanyaan-pertanyaan menarik bersama poin utama unit ini.
1.      Apakah Anda terkait unit dengan pengalaman masa lalu anak-anak?
2.      Berbagai keterampilan proses yang digunakan dalam kegiatan?
3.      Apakah Anda terintegrasi dengan mata pelajaran lain unit?
4.      Bila Anda menggunakan kegiatan membaca dan menulis, yang mereka ikuti hands-on pengalaman?
5.      Apakah Anda mengizinkan untuk naturalistik, kegiatan informal, dan terarah?
6.      Apakah berbagai strategi pengajaran termasuk?
7.      Apakah kedua pertanyaan terbuka dan sempit bertanya?
8.      Akankah strategi evaluasi menyediakan cara untuk menentukan apakah anak dapat menerapkan apa yang telah mereka pelajari?
9.      Apa sumber daya lokal yang termasuk dalam unit?
2.5.5        Contoh Integrasi Sains dalam Kurikulum
Peluang berlimpah untuk mengajar ilmu pengetahuan pada anak usia dini. Pertimbangkan aktif melibatkan anak-anak dengan seni, blok, bermain drama, kayu-kerja, seni bahasa, matematika, dan gerakan kreatif. Pusat pembelajaran sedang dalam perjalanan untuk memberikan integrasi yang sangat baik (gambar 7-2). Pusat dibahas di unit 40 dari buku ini. Untuk mengintegrasikan pembelajaran sains dalam kurikulum, berikut bebrapa kegiatan saians untuk anak.
·         Lukisan. Lukisan jari membantu anak-anak belajar untuk melihat dengan ujung jari mereka dan menunjukkan konsep difusi warna saat mereka membersihkan tangan mereka. Bentuk dapat dikenali dengan mengecat dengan buah dan benda-benda asing.
·         Pusat Air. Konsep seperti volume dan konservasi mulai digenggam ketika anak mengukur dengan air dan pasir. Apung bisa dieksplorasi dengan perahu dan tenggelam dan objek mengambang.
·         Blok. Blok adalah cara yang baik untuk memperkenalkan anak-anak terhadap gesekan, gravitasi, dan mesin sederhana. Leverage dan efisiensi dapat diperkuat dengan woodworking.
·         Buku. Banyak buku meliputi konsep ilmiah saat bercerita. Buku dengan gambar memberikan pandangan dari hal-hal asing dan menyimpulkan dan mendiskusikan.
·         Musik. Anak-anak mari mengalami pergerakan udara terhadap tubuh mereka. Hambatan udara juga dapat ditunjukkan dengan menari dengan syal.
·         Playground. Bermain dapat memberikan kesempatan untuk memprediksi cuaca, praktek balancing, dan pengalaman gesekan. Di dunia nyata ilmu pengetahuan terintegrasi baik terutama dengan membaca dan menulis. Kata-kata dasar, objek menebak, grafik pengalaman, menulis cerita, dan bekerja dengan sensasi taktil semua mendorong perkembangan literasi awal (angka 7-3 dan 7-4).
·         Mengamati  peternakan semut, di mana ruang bawah tanah yang terlihat
·         Percobaan dengan balon dan udara. Membantu anak-anak memahami bahwa semua ruang dipenuhi dengan sesuatu.
·         Bekukan air dan mengamati bahwa dibutuhkan lebih banyak ruang ketika membeku daripada waktu cair.
·         Mengamati fase perubahan bulan. Beberapa anak yang lebih tua mungkin dapat menggunakan model bumi, bulan, dan matahari untuk menjelaskan fase ini. Anak-anak muda dapat mengamati dan menarik fase.
·         Mengamati ukuran dari berbagai bahan sebelum dan sesudah proses berbeda diterapkan. Misalnya, wortel lebih kecil setelah mengering, adonan untuk roti lebih kecil sebelum dimasak, dan sebagainya.
Menggunakan alam mengajarkan ilmu akan membuat anak menyadari bahwa pertanyaan-pertanyaan anak khas seperti "Mengapa langit berwarna biru?" Adalah jenis pertanyaan "nyata " ilmuwan bertanya. Jika ilmu lebih bermakna dimasukkan ke dalam kurikulum, siswa akan memandang ilmu pengetahuan sebagai cara untuk memuaskan keingintahuan mereka dan menjawab pertanyaan mereka tentang dunia alam. Jadi, daripada hanya melihat ilmu pengetahuan yang sulit, belajar menarik terdiri dari steril, koleksi praktis fakta, anak mungkin memiliki sikap yang lebih positif terhadap hal itu.
2.6         Cara Membelajarkan Sains pada Anak
Dalam mengajar anak-anak tentang ilmu pengetahuan, guru harus mendorong pengembangan konsep-konsep dan sikap :
·         Konservasi. Anak-anak harus mulai belajar lebih awal tentang pentingnya melestarikan sumber daya dunia yang terbatas. Sebagian besar ajaran ini dapat dilakukan melalui pemodelan.
Misalnya,
-          guru harus mengatur anak-anak untuk mencuci sayuran dalam panci air dan bukan di bawah air mengalir.
-          Dengan daur ulang semua kertas yang digunakan di dalam kelas, guru akan membantu anak-anak belajar untuk tidak membuang-buang kertas.
-          Lampu harus dimatikan ketika mereka tidak diperlukan.
-          Tempat makanan digunakan hanya untuk makan,
-          menggunakan sampah untuk pencetakan, dari pada kentang atau sayuran lainnya .
-          Kolase dapat dibuat dengan gulma termakan dari biji-bijian yang bisa dimakan ( Holt 1989) .
·         Menghargai kehidupan. Kehidupan Guru dapat membantu anak-anak belajar untuk menghargai kehidupan dan tidak merusaknya..
Misalnya,
-          serangga dan laba-laba dapat ditangkap dan dikeluarkan di luar ruangan, daripada dibunuh.
-          Harus diperhatikan bahwa makanan yang tepat dan habitat yang disediakan untuk setiap pengunjung hewan ke kelas.
·         Menghargai lingkungan. Anak-anak bisa menyadari adanya polusi, termasuk sampah. Mereka dapat diajarkan untuk tidak membuang  sampah sembarangan dan mendaur ulang bahan yang digunakan di dalam kelas.
Guru juga harus mendorong anak-anak untuk menikmati ilmu pengetahuan. Untuk sebagian besar, anak-anak senang dalam penemuan-penemuan ilmiah mereka. Mereka harus berhati-hati tentang menyentuh kodok untuk pertama kalinya, tapi begitu mereka miliki, mereka tidak akan bisa menunggu untuk berbagi pengalaman itu dengan keluarga mereka. Guru anak-anak usia dini mungkin perlu mempelajari kembali beberapa sikap tentang ilmu pengetahuan sendiri dalam rangka untuk menikmati dan membimbing eksplorasi anak-anak.
Ilmu harus tepat. Banyak orang dewasa merasa bahwa ilmu pengetahuan yang lebih tepat untuk anak laki-laki daripada anak perempuan. Bahkan, semua anak harus didorong untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dan kepentingan mereka harus dihormati, terlepas dari jenis kelamin atau status sosial ekonomi. Anak yang terlibat dalam kurikulum keterampilan pengamatan berbasis ilmu pengetahuan dan keterampilan klasifikasi. Mereka juga dapat didorong untuk mengejar karir di bidang sains. Ini justru mendorong -pemerintah sangat penting untuk anak perempuan dan anak-anak dari minoritas etnis dan budaya, yang terus kurang terwakili dalam profesi sains.
2.6.1        Rangkaian Proses Pembelajaran
1)      Perencanaan Urutan Kegiatan
Kami dan DeVries ( 1993) telah menjelaskan beberapa prinsip untuk mengikuti kegiatan di mana anak-anak dapat mengembangkan pemahaman fisik dan logika - matematika perencanaan . Mereka berpendapat bahwa guru mempertimbangkan berbagai tingkat tindakan pada objek ketika memilih kegiatan :
·         Bertindak pada objek untuk melihat bagaimana mereka bereaksi - anak kecil terlibat dalam tindakan seperti bergulir, meremas, dan mendorong benda. Guru dapat meminta anak apa yang akan terjadi jika mereka memeras sebuah obyek dan sebagainya.
·         Bertindak pada objek untuk menghasilkan efek yang diinginkan - Anak-anak juga bertindak pada objek tidak hanya untuk mengeksplorasi mereka tetapi sengaja untuk membuat sesuatu terjadi. Mereka mungkin tuangkan susu dari cangkir mereka ke bak kursi tinggi sehingga mereka dapat percikan itu. Guru bisa meminta anak-anak untuk meniup  untuk memindahkannya di lantai dan sebagainya.
·         Menyadari bagaimana efek dihasilkan - Banyak anak dapat menghasilkan efek tanpa mengetahui bagaimana mereka mencapai hasil. Guru bisa meminta anak untuk memberitahu orang lain bagaimana efek dicapai. Jika anak tidak dapat melakukannya, guru akan tahu bahwa permintaan itu tidak pantas untuk anak tingkat pembangunan.
·         Menjelaskan penyebab - Kebanyakan anak muda tidak bisa menjelaskan penyebab banyak efek yang mereka amati dan tidak boleh diminta untuk memberikan penjelasan.
2)      Memperkenalkan Aktifitas
·           Prinsip I - Guru harus memperkenalkan aktivitas dengan cara yang memaksimalkan inisiatif anak-anak. Suatu kegiatan dapat diperkenalkan dengan memadamkan material yang anak-anak secara alami akan tertarik, dengan menyajikan materi dan mengatakan kepada mereka "Lihat apa yang dapat Anda pikirkan hubungannya dengan hal-hal ini", atau dengan mengusulkan suatu masalah tertentu yang harus diselesaikan dengan materi.
·           Prinsip II - Guru harus dimulai dengan bermain paralel. Karena guru ingin anak-anak melakukan hal-hal dengan bahan, mereka harus memastikan bahwa setiap anak memiliki bahan sendiri. (Namun, jika beberapa anak-anak ingin bermain bersama, mereka tentunya harus didorong untuk saling membantu dengan pertanyaan, perbandingan, dan sebagainya)
3)      Selama Aktifitas
·         Prinsip I - Guru harus mengetahui apa yang anak pikirkan dan merespon dengan praktis. Mencari tahu apa yang anak berpikir kadang-kadang cukup sulit. Guru bisa mendapatkan petunjuk dari tindakan anak atau dari pertanyaan-pertanyaannya. Arah untuk "merespon praktis" mungkin memaksa guru untuk menjatuhkan agenda sendiri dan ikuti anak, setidaknya untuk saat ini. Guru dapat membantu anak-anak dengan masalah-masalah praktis untuk memfasilitasi eksperimen dan observasi, bahan  untuk mendorong perbandingan, atau model perbandingan baru.
·         Prinsip II - Guru harus mendorong anak untuk berinteraksi dengan anak-anak lain.
·         Prinsip III - Guru harus menawarkan kegiatan anak yang meningkatkan pengetahuan fisik dan bahwa latihan kemampuan sosial, moral, dan motorik saat ini.
4)      Setelah Aktifitas
Guru harus mendorong anak untuk merefleksikan kegiatan sebentar setelah mereka telah selesai. Hal ini dapat dicapai melalui pertanyaan tentang apa yang mereka lakukan, hasil apa yang mereka lakukan, apa yang mereka perhatikan, apa yang anak lain lakukan, masalah yang mereka temui, dan sebagainya. Intinya adalah untuk tidak mendapatkan semua anak untuk sampai pada satu jawaban yang benar, tetapi untuk memungkinkan anak-anak untuk berpikir tentang apa yang mereka lakukan.
2.6.2        Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus
Ilmu instruksi untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus mendapatkan upaya pencapaian yang terbaik, dengan guru dan guru kelas pendidikan khusus yang saling bekerja sama. Beberapa anak mungkin perlu pengalaman tambahan untuk membantu mereka mengembangkan kosakata ilmu pengetahuan, dan beberapa mungkin memerlukan bantuan dalam belajar untuk bekerja dalam kelompok untuk mengeksplorasi material dan melaporkan temuan.
Dalam kasus apapun, itu adalah kolaborasi antara guru yang harus menentukan apa yang dibutuhkan dan bagaimana untuk mencapai tujuan. Steele (2004) menyajikan ringkasan saran untuk mengajar anak-anak berkebutuhan khusus.
Disamping bekerja sama dengan guru pendidikan khusus, guru kelas dapat menggunakan berbagai format ketika menyajikan informasi. Misalnya, jika Anda ingin semua anak-anak untuk belajar tentang katak, Anda mungkin mulai dengan tabel pengamatan untuk mencari tahu apa yang anak-anak sudah tahu dan apa pertanyaan mereka mungkin. Untuk menjawab pertanyaan mereka, Anda bisa menyediakan berudu untuk diamati, video ini untuk melihat, mengumpulkan buku-buku tentang katak untuk membaca dan beberapa di kaset atau CD untuk mendengarkan, dan penunjuk beberapa website tentang katak.
Perngajaran guru untuk anak berkebutuhan khusus antara lain adalah:
1.      Membantu anak-anak dengan gangguan penglihatan mengurutkan dan mengklasifikasikan obyek menggunakan isyarat taktil.
2.      Membantu anak-anak dengan gangguan pendengaran pengalaman suara melalui cara-cara taktil . Misalnya, anak bisa merasakan getaran garpu tala , senar gitar , dan karet gelang membentang di kotak cerutu .
Saran untuk mengajar sains untuk siswa dengan kebutuhan khusus adalah:
1.      Gunakan pendekatan tim (SD dan guru pendidikan khusus) untuk menggabungkan keahlian dalam ilmu dan pengajaran individual.
2.      Hadirka bahan dalam berbagai cara (visual auditori kinestetik, dan taktil).
3.      Gunakan kegiatan pembelajaran kooperatif termasuk anak-anak dengan dan tanpa ikatan disabili bekerja sama
4.      Fokus instuction pada beberapa tema yang luas.
5.      Memecah materi menjadi sekmen kecil untuk setiap pelajaran
6.      Buat pelajaran yang melibatkan partisipasi dan aktivitas siswa .
7.      Bahasa ringan dalam pelajaran sains dengan mengajar kosa kata dan menggunakan panduan belajar dan garis.
8.      Gunakan berbagai teknik evaluasi ( tes, proyek , laporan , kegiatan , portofolio ).
9.      Atur bahan sehingga anak-anak dengan cacat fisik dapat bekerja dengan ini dengan mudah dan seindependen mungkin .
Anak-anak yang berbakat layak memperoleh kurikulum lebih menantang . Mengingat fasilitas lisan anak-anak ini, guru mungkin tergoda untuk memindahkan mereka manipulatif pengalaman belajar masa lalu dan memungkinkan mereka untuk mendekati ilmu pengetahuan melalui membaca. Melakukan hal itu akan menjadi suatu kesalahan. Seperti semua anak \, anak-anak berbakat perlu menyelidiki, melaporkan, memecahkan masalah, dan mengkomunikasikan pemahaman mereka. Mereka dapat memilih topik mereka sendiri untuk eksplorasi dan melangkah lebih jauh dalam mengeksplorasi topik yang menarik perhatian mereka. Tapi mereka masih membutuhkan kurikulum sains yang mendorong mereka untuk menggunakan kemampuan mereka untuk berpikir dan memecahkan masalah, tak satu pun yang meminta mereka hanya untuk mengingat fakta dari bacaan.
2.7         Konsep Kegiatan Sains (Ilmu Hidup) untuk Anak
2.7.1        Ilmu Kehidupan
A.    Konsep Ilmu Kehidupan
Sebuah pengetahuan tentang konsep ilmu dasar untuk perencanaan dan mengajar ilmu kehidupan kepada anak-anak usia SD. Ingat, konsep adalah "ide besar" dari ilmu pengetahuan yang kita inginkan siswa untuk memahami. Dengan demikian, pengalaman belajar yang direncanakan di sekitar mereka. Sebagai contoh, angka 35-1 menunjukkan unit perencanaan web, yang memfokuskan kegiatan belajar sekitar tiga konsep dasar dari topik benih. Konsep berikut dasar untuk memahami tanaman, hewan, dan semua makhluk hidup
1.      Pembagian Ilmu Kehidupan
a.       Makhluk hidup dapat dibedakan dari hal-hal yang tak hidup.
b.      Tanaman dan hewan adalah makhluk hidup
c.       Makhluk hidup memiliki karakteristik yang unik.
2.      Bibit dan Tanaman
Pembagian klasifikasi bibit dan tanaman,
1.      Benih berbeda dalam ukuran, bentuk, warna, dan tekstur.
2.      Biji berkecambah dan tumbuh menjadi jenis tertentu tanaman.
3.      Beberapa benih tumbuh di dalam buah-buahan
4.      Beberapa benih tumbuh menjadi bunga, semak, dan pohon.
5.      Beberapa benih tumbuh menjadi makanan yang kita makan.
6.      Benih tersebar dalam beberapa cara.
7.      Biji membutuhkan air, cahaya, dan kehangatan untuk tumbuh.
8.      Benih dan tanaman tumbuh dan berubah.
9.      Berdaun cenderung tumbuh ke arah cahaya dan akar cenderung tumbuh ke dalam tanah.
10.  Tumbuhan tumbuh  mulai benih, akar, dan tangkai
11.  Beberapa bentuk tanaman tidak memiliki benih. Akar, atau batang.
12.  Beberapa tanaman tumbuh dalam terang dan beberapa tanaman tumbuh dalam gelap.
13.  Beberapa tanaman berubah dalam musim yang berbeda.
3.      Hewan
Pembagian klasifikasi hewan,
1.      Hewan membutuhkan makanan, air, tempat tinggal, dan suhu yang unik.
2.      Hewan memiliki karakteristik individu.
3.      Hewan memiliki adaptasi yang unik. Mereka bergerak, makan, hidup, dan berperilaku dengan cara yang membantu mereka bertahan hidup.
4.      Hewan melewati siklus hidup.
5.      Hewan adalah binatang yang bergantung pada kami untuk perawatan khusus. Kami mencintai dan merawat hewan peliharaan kita.
6.      Ada banyak jenis hewan peliharaan.
7.      Berbagai jenis hewan peliharaan memerlukan berbagai jenis perawatan untuk tumbuh dan sehat.
8.      Akuarium adalah tempat untuk ikan dan makhluk hidup lainnya untuk tumbuh.
B.     Perencanaan dan Pengajaran Kesatuan Benih
Pengalaman belajar yang disarankan dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan, minat, dan tingkat perkembangan anak-anak. Setiap pelajaran menyatakan sebuah konsep, tujuan pengajaran yang didasarkan pada apa yang seharusnya anak mampu melakukan, bahan yang dibutuhkan, dan saran untuk mengajar konsep.
1.      Biji
KONSEP
:
Biji berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman, biji-bijian mengandung tanaman bayi
TUJUAN
:
Temukan bahwa benih memiliki tiga bagian. Mengidentifikasi embrio dalam benih.
BAHAN
:
Lima kacang yang telah direndam semalam (jika Anda merendam mereka lagi mereka mungkin membusuk), handuk kertas, berbagai benih.
PROSEDUR
:
Tampilkan anak kacang biji lima.
Tanyakan, APA YANG ANDA PIKIRKAN MUNGKIN DALAM BENIH INI?
DAPATKAH ANDA MENGGAMBARKAN
BAGAIMANA MENURUT ANDA DALAM BENIH YANG TERLIHAT?
Apakah anak-anak membuka kacang biji lima dengan kuku ibu jari mereka.
Tanyakan, APA YANG ANDA BERITAHUKAN TENTANG BENIH ANDA?
BAGAIMANA RASA BENIH?
APAKAH ADA BAU?
APAKAH YANG DALAM BENIH YANG TAMPAK SEPERTI GAMBAR ANDA TELAH DITARIK?
Diskusikan persamaan dan perbedaan. Mintalah siswa menggambar kacang setelah dibuka.
Menunjukkan bahwa ada tiga bagian dasar dalam semua benih. Penutup biji (untuk perlindungan), makanan untuk tanaman bayi (kotiledon), dan tanaman bayi itu sendiri (embrio). Memperkenalkan istilah berkecambah. (Ini adalah ketika benih tumbuh - itu kecambah). Mintalah siswa melukis gambar tanaman karena mereka pikir itu akan tampak bila telah tumbuh.
PERPANJANGAN
:
Rendam berbagai jenis bibit dan anak membandingkan bagian dalam dan di luar benih untuk benih kacang lima. Hal ini dapat dilakukan dengan cara yang terstruktur sebagai bagian dari Pusat Benih. Dalam buncis dan kacang polong, ada dua bagian benih. Dalam benih seperti jagung dan beras, hanya ada satu setengah biji atau kotiledon

2.      Kecambah
KONSEP
:
Biji berkecambah dan tumbuh menjadi tanaman
TUJUAN
:
Mengamati dan menggambarkan bagaimana benih tumbuh menjadi tanaman. Jelaskan bagaimana embrio tumbuh menjadi tanaman.
BAHAN
:
Lima kacang, kertas handuk, air, kapas, wadah bening atau gelas kaca
PROSEDUR
:
Katakanlah, KEMARIN KAMI MENGERGAJI BAGIAN BAYI TANAMAN BIBIT.
APAKAH ANDA BERPIKIR AKAN TUMBUH KE TANAMAN BESAR? MARI KITA CARI TAHU.
Rendam kacang lima semalam.
Apakah anak garis bagian dalam gelas minum dengan basah, handuk kertas dilipat. Kemudian, barang-barang kapas ke dalam gelas.
Ini memegang handuk kertas di tempat.
Masukan benih direndam antara handuk kertas dan kaca.
Lalu, tuangkan air ke tepi benih bawah di kaca (handuk kertas dan kapas akan menyerap sebagian besar cairan).
Benih tumbuh akan mudah bagi anak-anak untuk melihat melalui wadah yang jelas.
Mintalah anak-anak menggambar tumbuh koro dan menulis sebuah cerita tentang penyelidikan.
Tanyakan, APAKAH ANDA MELIHAT KEJADIAN? APA WARNA YANG ANDA LIHAT?
YANG MANAKAH JALAN AKAR TUMBUH? DIMANA EMBRIO MENDAPATKAN MAKANANNYA? (dari kotiledon) Sebagai tanaman bertambah besar, benih menjadi lebih kecil. Bahkan, tanaman akan mulai mati ketika kotiledon habis.
Ketika makanan yang disediakan oleh benih habis, bertanya, APA JENIS LAIN DARI MAKANAN KITA DAPAT BERIKAN PADA TANAMAN?
Diskusikan kemungkinan tanam tanaman muda untuk tanah sebagai sebagai kelanjutan dari proyek.
PERPANJANGAN
:
Konsep ini dapat diperpanjang sepanjang tahun. Ini adalah kegiatan ilmiah yang baik dengan keuntungan yang terjadi dari pengamatan sederhana untuk eksperimen. Konsep ini cocok untuk sebuah studi singkat benih atau diperpanjang studi tentang bagaimana cahaya, kelembaban, panas, warna, tanah, udara, dan suara mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

3.      Kebun Kaca
KONSEP
:
uap lembab diperlukan untuk benih tumbuh.
TUJUAN
:
Amati pertumbuhan bibit.
BAHAN
:
Mung kacang, katun, botol.
PROSEDUR
:
Rendam segenggam kacang hijau dalam botol dan tutup toples erat dengan kain tipis.
Melindungi tabung dari cahaya dengan membungkusnya dengan handuk.
Kemudian, memiliki anak mensimulasikan hujan dengan pembilasan dan pengeringan biji tiga kali sehari.
Apakah anak-anak memprediksi apa yang akan terjadi pada benih.
Tanyakan, APAKAH BIJI TAOGE DATAR MESKIPUN MEREKA DALAM GELAP? (ya) MENURUT ANDA APAKAH BIJI TAOGE AKAN  KITA PELIHARA MEREKA DALAM GELAP TAPI TANPA AIR ? (tidak ada)
Ulangi kegiatan dan menyelidiki apa yang akan terjadi jika benih disimpan dalam gelap dan tidak disiram
PERPANJANGAN
:
Anda mungkin ingin membuat salad dan atasnya dengan kecambah kacang hijau. Beberapa variabel dapat dicoba, satu per satu waktu tentu saja, sehingga anak-anak dapat menyelidiki variabel dalam tumbuh benih dan tanaman yang tumbuh (Gambar 35-3)
MENGAJAR Catatan: Lima kacang biasanya bekerja dengan baik, tapi kacang hijau menunjukkan pertumbuhan cepat bahwa anak-anak tidak sabar mungkin permintaan. Kacang hijau tidak akan tumbuh setinggi orang lain, tetapi mereka akan menunjukkan pertumbuhan. Jagung, di sisi lain, membutuhkan waktu lebih lama dari lima kacang berkecambah.

4.      Apa Bagian Dalam?
KONSEP
:
Bibit berasal dari buah tanaman.
TUJUAN
:
Temukan bahwa biji berkembang di dalam buah.
BAHAN
:
Berbagai buah-buahan, pinccones, bunga, pisau plastik, kertas handuk.
PROSEDUR
:
Pilih beberapa buah-buahan dan menempatkan mereka di meja dengan pisau plastik dan handuk kertas. Memiliki anak memeriksa buah-buahan dan bertanya, APA YANG ANDA PIKIRKAN BAGIAN DALAM BUAH?
Mintalah anak-anak untuk memotong buah terbuka. Tanyakan, APA ANDA MENEMUKAN? BERAPA BIJIYANG KAMU CARI? SEMUA WARNA BIJI SAMA? APA YANG ANDA PIKIRKAN BIJI MELAKUKAN BAGIAN DALAM BUAH?
Jelaskan bahwa buah adalah bagian dari tanaman berbunga yang memegang biji. Tanyakan, ANDA BISA MENGAMBIL NAMA APAPUN BUNGA DI HALAMANMU YANG MEMILIKI BIJI? (bunga matahari, dandelion) ADALAH MEREKA BUAH? (ya) Tekankan bahwa tidak semua buah-buahan yang dapat dimakan.
PERPANJANGAN
:
Tampilkan gambar pohon pinus. Tanyakan, APAKAH POHON INI MEMILIKI BUNGA? (tidak ada) APAKAH MEMILIKI BIJI? (ya) KEMANA BIJINYA? (kerucut) Apakah anak memeriksa pucuk pohon cemara untuk mengetahui bagaimana benih yang terpasang. Bandingkan biji tertutup dalam buah-buahan kepada mereka melekat pada kerucut. Menunjukkan bahwa benih dapat tumbuh di dalam bunga, dikelilingi oleh buah, atau kerucut.

5.      Perjalanan Benih
KONSEP
:
Benih perlu melakukan perjalanan untuk tumbuh
TUJUAN
:
Selidiki mengapa biji bepergian dengan mensimulasikan kondisi pertumbuhan.
BAHAN
:
Dua kontainer, tanah, biji
PROSEDUR
:
Memiliki anak membawa bibit dari halaman sekolah atau lingkungan mereka. Periksa benih dan mendiskusikan di mana mereka ditemukan. Angkat benih dan bertanya, APAKAH KAMI PUNYA TANAMAN JENIS INI PADA SEKOLAH DASAR KAMI? (tidak ada)
BAGAIMANA MENDAPATKAN BIBIT DI SINI? (angin) SAYA HERAN MENGAPA ANGIN MENIUP JAUH?
Setelah membahas bertanya, APAKAH ANDA BERPIKIR BAHWA BIJI AKAN MENDAPATKAN PERUBAHAN UNTUK TUMBUH JIKA MEREKA SEMUA JATUH DI BAWAH DARI INDUK TANAMAN? MARI KITA LIHAT APA YANG TERJADI SAAT BIJI JATUH SATU TEMPAT.
Isi dua botol dengan biji. Memiliki anak membantu bibit tanaman berdekatan dalam satu wadah dan berjauhan yang lain. Tanyakan, MANAKAH BOTOL YANG ANDA PIKIRKAN AKAN TUMBUH TANAMAN?
Diskusikan dan daftar alasan yang disarankan. Memiliki anak bergiliran memberikan semua biji air, cahaya, kehangatan. Menonton mereka selama beberapa hari. Memiliki anak mengukur pertumbuhan tanaman dan mencatat apa yang mereka lihat. Kemudian tanyakan, DI MANAKAH BOTOL BIJI YANG TUMBUH LEBIH BAIK? (tempat terpisah) Dengan cara ini, anak-anak akan melihat alasan untuk benih untuk bepergian

6.      Benih Menyebar
KONSEP
:
Benih yang disesuaikan dengan menyebar dalam beberapa cara.
TUJUAN
:
Identifikasi beberapa cara penyebaran benih
BAHAN
:
Biji, kaca pembesar, sarung tangan
PROSEDUR
:
Aturlah biji dari gulma, rumput dan pohon di sebuah pusat ilmu pengetahuan. Memiliki kaca pembesar dan sarung tangan tersedia bagi siswa untuk memeriksa benih. Memberikan arah dasar dan membiarkan anak-anak "main-main" dan mengeksplorasi biji. Tanyakan, YANG MANAKAH BIJI TERLIHAT SEPERTI MENYANGKUT DI SARUNG TANGAN? (yang berbulu, atau yang dengan memakamkan) Apakah anak memprediksi dan menggambar apa yang mereka pikir mereka akan melihat ketika mereka mengamati duri melalui kaca pembesar. Katakanlah, MARI KITA LIHAT MELALUI KACA PEMBESAR DAN GAMBAR APA YANG KITA LIHAT. Diskusikan sebelum dan sesudah gambar dan menggambarkan kait kecil dan bagaimana mereka digunakan. Memperkenalkan istilah membubarkan dan menggunakannya dalam kalimat dan cerita tentang duri kait-kait kecil. Lihat Unit 34 saran untuk penggunaan kaca pembesar.
PERPANJANGAN
:
Ambil anak di luar untuk menjelajahi bagaimana benih yang berbeda tersebar dengan menggoyangkan biji dari polong, mengalahkan paku benih rumput untuk melepaskan biji-bijian, biji berbulu menyikat terhadap pakaian, dan melepaskan biji bersayap. Bandingkan apa yang terjadi pada tiap biji

7.      Menemukan Sebuah Benih
KONSEP
:
Benih yang dimodifikasi untuk melakukan perjalanan dengan cara tertentu.
TUJUAN
:
Memodifikasi benih untuk perjalanan.

BAHAN
:
kacang kering atau biji kacang, kotak sampah (kertas berwarna, lem, karet gelang, pita, kapas, batang es loli, balon, pembersih pipa, klip kertas, string)
  gunting
PROSEDUR
:
Tampilkan anak kelapa (benih terbesar) dan bertanya, BAGAIMANAKAH ANDA BERPIKIR PERJALANAN KELAPA INI? (air) polong Tampilan seperti milkweed untuk menunjukkan bahwa semburan pod gips dan bijinya untuk angin.
BAGAIMANA AKAN MEMAKAMKAN PERJALANAN? (menangkap hal-hal) Burung dan hewan lainnya makan buah seperti berry. Kemudian, mereka mencerna buah dan meninggalkan benih di tempat lain.
MENGAPA BURUNG YANG INGIN MAKAN BERRY? (mereka yang baik untuk makan). Anak-anak akan menyimpulkan bahwa benih memiliki spesifik wisata modifikasi tgo dengan cara tertentu. Untuk memperkuat memodifikasi istilah, mintalah siswa memodifikasi pakaian mereka untuk cuaca atau kegiatan yang berbeda.
Tanyakan, JIKA ANDA BENIH, BAGAIMANA CARA ANDA MELAKUKAN PERJALANAN? Diskusikan preferensi dan kemudian menetapkan salah satu cara berikut perjalanan tp setiap kelompok kecil anak-anak: menarik hewan, menangkap bulu, muncul atau ditembak, mengapung di atas air, atau dibawa oleh angin. Berikan setiap kelompok benih dan bahan kotak sampah dan meminta mereka untuk menemukan cara untuk benih mereka untuk melakukan perjalanan. Ketika anak-anak telah menyelesaikan cretions mereka, minta mereka menunjukkan bagaimana benih mereka perjalanan
PERPANJANGAN
:
Membuat papan buletin yang menampilkan benih dimodifikasi bepergian dalam cara siswa dimaksud. Memiliki anak meneliti benih dan memikirkan benda-benda lain yang bekerja dengan cara yang sama. (Misalnya, duri adalah inspirasi untuk pengembangan velcro).

8.      Jenis Biji Apa Yang Menarik?
1)      Kaus kaki berjalan. Tarik kaus kaki melalui lapangan. Kemudian tutup dengan air dan tanah dan menunggu untuk berbagai tanaman untuk tumbuh dari biji tertangkap di kaus kaki. Atau, menempatkan kaus kaki dalam kantong plastik, kocok benih dari kaus kaki, dan memeriksa mereka  Tanyakan,
2)      Rambut Manik-manik telur. Menggambar wajah pada setengah dari kulit telur. Tempatkan telur dalam karton telur dan mengisi cangkang telur dengan tanah lembab. Taburkan benih rumput di atas. Kemudian air. Rumput akan tumbuh dalam lima hari. Pasang kaki karton dengan tanah liat untuk menampilkan (telur plastik juga bekerja dengan baik). Untuk menunjukkan manfaat cahaya pada daun, pertama menumbuhkan rambut rumput dalam gelap. Diskusikan dihasilkan pucat, rumput tipis dan bertanya, BAGAIMANA KITA BISA MEMBUAT RUMPUT HIJAU DAN SEHAT? Tempatkan pria telur dalam terang dan bersiaplah untuk memangkas rambut hijau sehat
3)      Koleksi. Benih membuat koleksi mudah dan menyenangkan. Mengumpulkan dari dapur, tempat bermain, atau lingkungan sekitar Anda.
9.      Pertanyaan Investigasi untuk Tumbuh Benih
1)      Seberapa dalam Anda dapat menanam benih dan masih tumbuh?
2)      Jika Anda menghancurkan benih, akan masih tumbuh?
3)      Arah apa yang akan kecambah di taman kaca tumbuh jika kaca terbalik?
C.    Integrasi Pokok
-          Sains dan Matematika
1.      Benih berjalan. Ambil benih sekitar sekolah. Tanyakan, DIMANA KAMI AKAN MENCARI BIJI? APA YANG ANDA PIKIRKAN KITA BISA MELIHAT? Kumpulkan benih dan menggunakannya sebagai bahan untuk menyortir, cocok, menghitung, dan berat di pusat ilmu pengetahuan.
2.      Berapa banyak cara. Menyediakan kotak benih bagi siswa untuk mengklasifikasikan. Bandingkan ukuran, warna bentuk, dan tekstur biji. Buatlah grafik benih.
3.      Greenhouse. Simulasikan rumah kaca dengan menempatkan kantong plastik di atas wadah kecambah. Tempatkan benih dalam botol pada handuk kertas basah. Kembalikan tabung dalam kantong plastik dan mencatat jumlah waktu yang diperlukan untuk tumbuh. Bandingkan waktu tumbuh dengan biji yang tidak tempat dalam kantong plastik
4.      Memasak. membuat salad buah dengan buah-buahan berkumpul untuk kegiatan benih. Atau, bahan mengukur dan mengikuti resep untuk membuat buah apel                                                                                                                                         
5.      Pie atau hidangan lezat lainnya. Selai kacang dapat dibuat dengan melewatkan biji atau kacang melalui penggiling kacang. Simpan dalam lemari es dan digunakan sebagai penyebar.
-          Sains dan Ilmu Sosial
1.      Benih membengkak. Tahun lalu,  benih yang digunakan untuk meregangkan sepatu kulit yang ketat. Untuk mensimulasikan ini, isi botol kecil dengan kacang, menutupi kacang dengan air, tutup botol dengan bungkus plastik, dan aman dengan karet gelang. Kacang akan membengkak dan angkat plastik.
2.      Peta lingkungan. Memiliki anak membawa biji bahwa mereka telah menemukan. Membuat peta di mana benih mungkin ditemukan.
3.      Benih bisa dimakan. Cobalah untuk menjembatani kesenjangan antara makanan olahan bahwa anak-anak makan dan itu bentuk mentah. Tampilkan gambar gandum, pohon buah-buahan, dan sayuran yang tumbuh. Diskusikan biji yang dapat dimakan seperti labu, bunga matahari, kacang, dan yang tidak dimakan seperti semangka dan biji apel.
4.      Karir. Diskusikan pekerjaan yang berbeda terkait dengan pertumbuhan tanaman. Membuat topi dan bertindak keluar pekerjaan ini.
5.      Pekerja kayu . Buat kotak dan pekebun untuk menanam bibit.
-          Sains dan Seni Bahasa
1.      Mintalah siswa menghapus "s" dari biji dan membuat kata-kata baru (gulma, pakan,    perlu, berdarah).
2.      Berpura-pura anda adalah keturunan. Menggambar dan menulis cerita tentang bagaimana anda akan terlihat dan di mana anda mungkin melakukan perjalanan.
3.      Mendramatisir pertumbuhan embrio menjadi tanaman.
4.      Membuat buku biji (dalam bentuk kacang lima) dan mengisinya dengan cerita kacang dan gambar.
5.      Baca, katakan, dan mendramatisir cerita tentang benih seperti Jack dan Pohon Kacang, kisah Johnny Appleseed, atau Popcorn oleh Tony De Paola.
-          Sains dan Musik
1.      Nyanyikan lagu tentang bibit dan tanaman dari buku musik anda.
2.      Gunakan benih untuk menciptakan alat musik seperti marakas dan jenis lain dari "guncangan" instrumen dalam tabung dengan penutup plastik.
3.      Beberapa anak dapat membuat peluit dari topi acorn. Tahan ibu jari dalam bentuk V, dengan bagian atas ibu jari membentuk V, di bawah sisi rongga ditutup. Meniup lembut di dasar V untuk membuat suara.
-          Sains dan Seni
1.      Buat lanskap yang akan menguntungkan bagi pertumbuhan biji.
2.      Membuat wajah pada spons lembab dengan biji menjadi burung. Memangkas pertumbuhan hijau ke dalam pola yang berbeda.
3.      Desain mosaik biji. Lem biji di kertas atau karton untuk membuat gambar.
4.      Perhiasan dapat dilakukan dengan merangkai biji dengan benang dan jarum. Anda mungkin perlu untuk merebus biji dan menunggu mereka melunak. Beberapa anak mungkin ingin melukis benih dan menggunakannya untuk menghiasi kostum.
5.      Gerinda tetap bersama-sama untuk membuat keranjang. Apa lagi yang bisa anda buat dari Gerinda? Pucuk pohon cemara dan kerang kenari dapat menjadi burung dan makhluk lain dengan menambahkan lem dan kertas konstruksi.
D.    Kegiatan Tanaman Tambahan Berdasarkan Konsep Ilmu
1.      Konsep: Tanaman Tumbuh dari Akar dan Batang
Tumbuh tanaman dari stek bisa menjadi pengalaman menarik bagi anak-anak usia SD. Mereka akan menikmati mengamati produk umum dari tas belanjaan melakukan hal-hal yang asing. Investigasi dengan stek adalah jangka panjang dan memberikan kesempatan bagi pencatatan, proses pengembangan keterampilan, dan integrasi subjek. Anda akan membutuhkan air, cahaya, dan sayuran umum untuk memperkuat benih yang tidak satu-satunya cara bahwa tanaman mereproduksi.
1.      Taman hidangan. Untuk membuat taman hidangan, memotong inci atas wortel, bit, lobak atau putih. Jauhkan puncak hidangan dari air sementara anak-anak mengamati akar tumbuh. Tunas biasanya akan muncul dalam satu minggu sampai sepuluh hari. Tanyakan, BISA ANDA KATAKAN APA TANAMAN INI DENGAN DAUN?
2.      Berkeliaran. Menangguhkan yam atau ubi jalar, akhir yang diruncingkan menurun, dalam botol diisi dengan air. Masukkan tusuk gigi sehingga hanya sepertiga dari ubi jalar ada di dalam air (gambar 35-9). Kembalikan tabung di tempat yang hangat, gelap sampai tunas dan akar tumbuh. Kemudian meletakkannya di tempat yang cerah dan mempersiapkan dawai teralis untuk dedaunan mendatang untuk mendaki. Anak-anak dapat memetakan jumlah hari untuk akar dan pertumbuhan daun dan mengamati dan mencatat perubahan. Bertanya. APA YANG TERJADI ATAS UBI JALAR SEBAGAI ANGGUR TUMBUH?
3.      Nanas paling pandai. Potong bagian dua dan satu-setengah inci buah nanas di bawah daun. Masukkan di atas hidangan nanas di piring dengan air. Ketika akar berkembang, menempatkan tanaman dalam pot tanah dan membuat rumah kaca dengan menutupinya dengan kantong plastik. Jaga rumah kaca nanas hangat tapi tidak terkena sinar matahari langsung. Dalam sekitar tiga minggu, mengambil tumbuhan baru keluar dari rumah kaca, tambahkan air, dan letakkan di bawah sinar matahari. akhirnya, nanas kecil dapat membentuk (enam sampai dua belas bulan).
2.      Konsep: Jamur Tumbuh dalam Gelap, Kondisi lembab
Anak-anak mungkin telah melihat jamur di lemari es mereka sendiri atau keranjang roti, tetapi tidak menyadari bahwa jamur adalah sebenarnya cetakan sebuah tanaman kecil. Mengamati taman cetakan memberikan anak-anak kesempatan untuk fokus pada rekaman pengamatan, menyimpan catatan, dan menulis prediksi karena mereka menyelidiki dunia tanaman kecil.
1.       Untuk memulai pelajaran, menunjukkan anak-anak jeruk berjamur dan bertanya, APAKAH DI JERUK BAIK UNTUK MAKAN? DIMANA APAKAH KAU MELIHAT JAMUR? Buatlah daftar kondisi tempat di mana cetakan telah ditemukan. Harus ada balasan dari "basah", "gelap", "jenis bahan seperti buah dan roti."
2.       Untuk membuat taman cetakan, mengisi botol kaca sekitar sepertiga penuh pasir. Memercikkan air pada item pasir dan tempat bahwa anak-anak membawa di atas pasir. Sekrup tutup pada tabung dan mulai pengamatan, diskusi dan prediksi. BENDA YANG ANDA PIKIRKAN AKAN TUMBUH PADA CETAKAN PERTAMA? AKAN BENDA APAPUN TIDAK TUMBUH CETAKAN? Tempatkan kebun jamur di tempat yang gelap dan mempersiapkan anak-anak untuk mengamati. Mengubah warna, bentuk dan ukuran harus membuktikan menarik (gambar 35-10)
3.       Anda mungkin ingin menyebutkan peran penting bahwa jamur bermain di mogok bahan dan dalam mengembalikan komponen ke dalam tanah.
Catatan pengajaran
1.      Kebanyakan jamur jenis ini tidak berbahaya, tapi jangan mengambil risiko. Jaga penutup pada atas guci itu. Selain itu, memiliki anak-anak dengan mencuci tangan mereka jika ada item berjamur disentuh, jangan mengendus jamur (memeriksa alergi terhadap jamur antara siswa), dan ketika kegiatan selesai, membuang semua kebun cetakan tanpa membukanya dan di tas tertutup rapat.
2.      Tumbuh jamur dalam tanah cepat karena kaya bahan organik dan untuk alasan yang direkomendasikan oleh beberapa pendidik ilmu pengetahuan. Namun, guru tidak tahu apa lagi yang mungkin dalam sampel tanah, siap untuk tumbuh. Jadi, bermain aman dan lebih lambat - menempel di pasir.
3.      Jamur ini merupakan jenis jamur yang tidak memiliki klorofil. Meskipun kehangatan, kegelapan, dan kelembaban adalah kondisi ideal untuk pertumbuhan jamur, baik kehangatan atau kegelapan diperlukan untuk pertumbuhan. Penyelidikan lebih lanjut dari kondisi untuk pertumbuhan jamur mungkin tepat di kelas Anda.
E.     Hewan di Kelas Atas
Merawat dan mempelajari makhluk hidup di kelas dan di luar rumah bisa menjadi cara terbaik untuk mengembangkan rasa hormat dan pengetahuan tentang kebutuhan sehari-hari dari semua bentuk kehidupan. Sebagai anak-anak merawat sesuatu yang hidup, mereka tampaknya untuk mengembangkan kepekaan dan rasa tanggung jawab bagi kehidupan di sekitar mereka. Ketika mereka mempertahankan organisme hidup, mereka menjadi sadar akan kondisi di mana binatang itu (atau tanaman) bertahan serta kondisi-kondisi yang akan binasa. Anda berharap bahwa pemahaman dan sikap akan terbawa ke dalam kehidupan dan kondisi manusia pada umumnya anak.
Sebelum Anda berpikir tentang merawat setiap organisme hidup, lakukan tindakan pencegahan yang tercantum dalam unit ini. Sangat penting bahwa makhluk hidup tidak menderita terlalu banyak perawatan, seperti di atas member makanan dan penanganan, dan perawatan terlalu sedikit, seperti diet yang tidak tepat, air, suhu dan tempat tinggal. Dengan kata lain, sebelum mengizinkan hewan di kelas anda, pastikan anda tahu cara mengurusnya
Perawatan hewan harus dimulai sebelum hewan tiba. Disarankan bahwa seluruh kelas memiliki kesempatan untuk membantu mempersiapkan kandang atau lingkungan. Sebagai persiapan dilakukan, membahas mengapa anda melakukannya untuk mengembangkan pemahaman anak-anak kebutuhan khusus jenisnya.
Ketika hewan tiba di kelas, memberikan waktu pengunjung baru untuk menjadi terbiasa dengan lingkungan barunya. Yang diharapkan antusiasme dan ketertarikan bahwa pengunjung hewan cenderung menghasilkan dapat mengalahkan pendatang baru. Instruksikan anak-anak untuk dengan tenang mengamati hewan berdua-dua untuk waktu singkat. Kemudian, kelompok-kelompok kecil dapat menonton, selalu tenang, karena semua orang (hewan dan anak-anak) menyesuaikan dengan lingkungan
Ketika merencanakan untuk tamu hewan, tanyakan pada diri anda dan siswa anda pertanyaan-pertanyaan berikut:
1.      Jenis kandang atau lingkungan apa hewan ini membutuhkan?Apa suhu harus dipertahankan?
2.      Apa jenis makanan yang dibutuhkan dan bagaimana seharusnya makanan yang disajikan?
3.      Apakah hewan bisa hidup di ruang atas akhir pekan?
4.      Apa yang akan terjadi pada hewan selama liburan?
5.      Apakah ini hewan yang terancam punah? Apakah hewan ini secara ilegal ditangkap atau diimpor? Sebagai contoh, untuk setiap burung beo banyak spesies bahwa seorang anak bertemu, sekitar sepuluh beo telah tewas dalam penangkapan atau transportasi. Atau, seperti dalam kasus spesies seperti python bola, beberapa hewan tidak akan pernah makan di penangkaran. Batasi penggunaan hewan yang dibesarkan di penangkaran.
6.      Apakah hewan membutuhkan lampu khusus? Banyak reptil harus memiliki sinar ultraviolet, daerah yang hangat dan sejuk dari kandang mereka, dan makanan hidup.
7.      Apakah hewan ini membuat pengunjung kelas yang baik? Apakah harus ditangani? Hindari pembelian impuls yang akan menyebabkan masalah di masa depan.
1.      Tips untuk Menjaga Hewan di Kelas
Ketika hewan di kelas, perawatan harus dilakukan untuk memastikan bahwa baik anak-anak maupun hewan tidak ada yang dirugikan. Mamalia melindungi diri dan anak-anak mereka dengan menggigit, menggaruk, dan menendang. Hewan seperti kucing, anjing, kelinci dan marmut harus ditangani dengan benar dan tidak boleh terganggu ketika makan. Sebagai contoh, tikus, kelinci, hamster, dan tikus yang terbaik dijemput dengan tengkuk leher, dengan tangan diletakkan di bawah tubuh untuk dukungan. Selain:
1.       Periksa prosedur distrik sekolah untuk menentukan apakah ada peraturan daerah untuk diamati. Personil di masyarakat manusiawi lokal atau kebun binatang seringkali sangat kooperatif dalam membantu guru untuk menciptakan lingkungan hewan yang sehat di dalam kelas. Namun, kebun binatang menerima banyak permintaan untuk diadopsi dan biasanya tidak ingin hewan kelas untuk koleksi atau "pengumpan saham."
2.       Perhatian siswa tidak pernah menggoda binatang atau memasukkan jari atau benda mereka melalui kandang. Melaporkan gigitan binatang dan goresan segera otoritas medis sekolah. Memberikan dasar pertolongan pertama. Biasanya anak-anak mengikuti contoh yang ditetapkan oleh guru. Jika anda memperlakukan hewan dengan hormat, anak-anak akan, juga.
3.       Membeli ikan dari tangki di mana semua ikan tampak sehat.
4.       Mencegah siswa dari membawa hewan peliharaan pribadi ke sekolah. Jika mereka dibawa ke ruangan, mereka harus ditangani hanya oleh pemiliknya, disediakan tempat untuk air tawar, tempat untuk beristirahat, dan kemudian dikirim pulang.
5.       Lihat Lampiran D, "Kode Etik mengenai Penggunaan Hewan di Sekolah," sebelum memulai pengamatan hewan dan kegiatan. Pedoman untuk mengumpulkan invertebrata dan merawat mereka di kelas disediakan di Unit 34
2.      Mengajar dengan Hewan
Unit pengajaran keseluruhan dapat dirancang di sekitar pengamatan satwa di dalam kelas. Konsep Sains dan integrasi subjek terjadi secara alami untuk anak-anak mengamati, mengkategorikan, dan berkomunikasi pengalaman mereka dengan hewan. Manfaat mengamati hewan jauh lebih besar daripada memperingatkan dan layak waktu dan energi.
Berikut adalah membimbing pertanyaan dan integrasi yang mengarah ke penyelidikan.
1.      Jelaskan bagaimana hewan bergerak. Apakah Anda bergerak seperti itu? Lihat jika anda dapat mengetahui mengapa hewan bergerak dalam cara yang dilakukannya. Apakah sesuatu membuatnya bergerak lebih cepat atau lebih lambat? Tambahkan pengamatan ke Daftar Observasi (Gambar 35-13)
2.      Bagaimana hewan makan makanan nya? Apakah menggunakan kakinya atau bagian lain dari tubuh untuk membantu makan? Apakah itu lebih memilih jenis makanan tertentu? Membuat diagram atau grafik yang menunjukkan preferensi.
Michael Parker                                                         Gerbils
Mereka bermain
Gerbil minum air
Mereka sembunyi di dalam rumah
Dia melihat, bermain
He jumped back down in the house.
3.      Apa yang hewan lakukan sepanjang hari? Mencatat kegiatan hewan atau menentukan beberapa perilaku tertentu seperti merekam jenis makanan yang dimakan.
Apakah ada saat-saat ketika hewan tersebut lebih atau kurang aktif?
Ambil hitam-putih Polaroid gambar hewan pada waktu yang sama hari. Bagan hasilnya.
4.      Bagaimana hewan bereaksi terhadap objek yang berbeda dalam lingkungan mereka? Menawarkan gerbil tabung handuk kertas dan menonton mereka bermain. Menulis cerita bahwa urutan tindakan gerbil.
5.       Jenis suara binatang apa saja yang di buat? Mengidentifikasi berbagai suara binatang direkam dan memutuskan apakah anda dapat memberitahu ukuran binatang dengan suaranya. Memiliki anak pita rekaman suara yang berbeda yang dibuat oleh hewan seperti tidur, makan, bermain, minum. Memutar rekaman dan memiliki anak membuat cerita tentang apa yang mereka pikirkan yang terjadi.
6.      Bagaimana kita bisa menjaga cacing tanah di dalam kelas? Memiliki penelitian anak-anak apa yang diperlukan untuk menjaga cacing tanah yang sehat. Cacing tanah membuat hewan peliharaan yang baik karena mereka dapat ditangani dengan lebih sedikit stres pada hewan dari mamalia, burung, reptil, dan amfibi.
7.      Jelaskan penutup tubuh hewan. Mengapa Anda pikir itu jenis ini meliputi? Bandingkan penutup tubuh hewan yang berbeda. Desain pusat yang memungkinkan anak-anak untuk merasakan obyek yang mensimulasikan penutup hewan (lihat Unit 40). Amati penutup ini dalam perjalanan ke kebun binatang.
8.      Bagaimana minum hewan? Dapatkah Anda memikirkan hewan lain yang minum dengan cara yang sama? Kategorisasi cara yang hewan minuman (kucing lap air, ular menghisap air).
9.      Tujuh dan delapan tahun tidak siap untuk formal belum menguraikan, membangun sebuah web adalah cara yang baik untuk mengatur apa yang mereka pelajari tentang binatang. Jenis penyegaran  organisasi memori untuk apa anak-anak telah melihat atau mempelajari dan berhubungan setiap informasi yang mereka kumpulkan. Gambar 35-14 menyajikan ide-ide mereka dengan cara yang longgar terstruktur. Guru memilih divisi utama dan menulis mereka di papan tulis. Kemudian, anak-anak memberikan--poin utama. Jika anak-anak yang bekerja di komite untuk penelitian aspek yang berbeda, strategi ini menggambarkan keterkaitan dari keseluruhan proyek.
(Adaptasi khusus)
BURUNG:
Sama dan berbeda:
KAKI, retakan, SAYAP, BENTUK BADAN
MAKANAN (APA BURUNG EAT): BIJI, Berries, SERANGGA, lemak, BUAH, CACING,TIKUS.
HABITAT (MANA MEREKA HIDUP):
POHON, RUMPUT, AREA TERBUKA, HUTAN, BEBERAPA bermigrasi, kotak bersarang GERAK: LONCATAN, TERBANG, BERJALAN, BERLARI
3.      Perjalanan ke Kebun Binatang Atas
Sebuah perjalanan ke kebun binatang adalah cara yang hebat untuk menawarkan kesempatan anak-anak untuk menjelajahi dunia hewan dan kebutuhan mereka (gambar 35-15). Saran-saran berikut ini dirancang untuk membantu memaksimalkan pengaturan unik kebun binatang.\
Sebelum, Selama, dan Setelah
Untuk membuat sebagian besar kunjungan kebun binatang anda, merencanakan pengalaman yang akan diajarkan sebelum pergi ke kebun binatang, kebun binatang selama kunjungan belajar, dan setelah kembali ke kelas. Sebagai contoh, anda mungkin ingin memfokuskan rencana anda pada persamaan dan perbedaan antara reptil dan amfibi. Dalam skenario berikut, Ibu Red Fox memutuskan untuk berhubungan diskusi kelas dan observasi untuk kura-kura. Sebelum pergi ke kebun binatang, Ibu Red Fox mempersiapkan stasiun pembelajaran untuk kelasnya. Stasiun akan mempersiapkan anak-anak untuk kunjungan kebun binatang mereka.
Stasiun 1. Ibu Red Fox mempersiapkan item yang mensimulasikan tubuh meliputi untuk anak-anak untuk merasa. Untuk mewakili kering, kulit bersisik kebanyakan reptil, ia memutar biji bunga matahari dikupas di tanah liat. Plastik diminyaki mewakili lembab, kulit kelenjar sebagian besar amfibi. Sebagai anak-anak mengunjungi stasiun ini, mereka diundang untuk menyentuh penutup simulasi dan kartu bergambar pertandingan hewan yang mungkin merasa kering atau berlendir.
Station 2. Untuk menekankan peran kamuflase di kedua reptil dan amfibi, guru menyiapkan dua lembar kertas hitam konstruksi. Sebuah pipa bersih kuning ditempel selembar kertas dan pipa pembersih hitam ditempel lain. Tanyakan, YANG KERAS UNTUK MELIHAT? BAGAIMANA ANDA PIKIR INI MEMBANTU HEWAN YANG SELAMAT? DESAIN SAMARAN UNTUK SEBUAH PIPA PEMBERSIH HIJAU YANG HIDUP DI PADANG PASIR?
Station 3. Beberapa reptil dan amfibi mengandalkan getaran untuk "mendengar" karena mereka tidak memiliki telinga luar. Ibu Red Fox memiliki anak ketuk garpu tala di permukaan dan terus di dekat telinga mereka. Dia mengatakan, JELASKAN APA YANG TERJADI. KETUK GARPU LAGI DAN TEKAN ITU MELAWAN PIPI ANDA. APA YANG TERJADI SAAT INI? Kelas mendiskusikan bagaimana getaran memberitahu hewan apa yang terjadi. Beberapa anak-anak mulai membandingkan bagaimana burung dan mamalia mendengar dan mengambil getaran
Stasiun 4. Ibu Red Fox memiliki anak-anak menggambar apa yang mereka pikirkan kura-kura akan terlihat seperti dan apa jenis rumah itu akan dimiliki
4.      Di Kebun Binatang
Ibu Red Fox membagi kelas ke dalam kelompok-kelompok kecil dan memberikan pendamping untuk masing-masing kelompok kecil. Setiap kelompok memiliki kartu tugas penyu. Ketika kelompok-kelompok datang ke pameran penyu, pendamping membantu anak-anak menyelesaikan pertanyaan (gambar 35-16). Anak-anak diminta untuk mengamati dan menjawab:
Berapa banyak kura-kura yang Anda lihat?
·           Apa yang mereka lakukan?
·           Apakah jari kaki kura-kura seperti jari-jari kaki anda?
·           Apa yang kura-kura makan?
·           Cobalah berjalan di sekitar daerah selambat penyu bergerak. Bagaimana rasanya?
·           Bagaimana kabarmu dan kura-kura sama?
·           Bagaimana anda berbeda?
·           Apa hewan lain yang hidup dengan kura-kura?
·           Sangat mudah untuk menemukan kura-kura di pameran?
Sebagai anak-anak pindah ke sebuah pameran amfibi seperti katak, kodok, dan salamander, mereka membuat perbandingan antara kura-kura dan amfibi. Ibu Red Fox memastikan bahwa tanda-tanda pameran dibaca dan pertanyaan diminta untuk mengumpulkan informasi tambahan.
Setelah Kunjungan Kebun Binatang
Ibu Red Fox memperkuat apa yang anak-anak telah belajar dengan berbagai pengalaman belajar. Kelas membuat penyu permen dari karamel, kacang-kacangan, dan bit cokelat, dan anak-anak membuat drama tentang kura-kura dan bagaimana mereka hidup.
Setiap anak menciptakan diorama kotak sepatu dari habitat penyu. Guru bertanya, APAKAH  PENYU YANG TINGGAL DI JALAN SAMA YANG ANDA PIKIR KAN? APA ITU BERBEDA? APA ITU SAMA? Dia memiliki anak-anak yang membandingkan apa yang mereka tahu tentang kura-kura sebelum kunjungan ke diorama yang mereka buat. Ibu Red Fox memiliki buku cerita dan buku referensi yang tersedia untuk anak-anak untuk mengetahui lebih lanjut tentang reptil dan amfibi
5.      Kegiatan Hewan Tambahan
Pertanyaan-pertanyaan dan kegiatan berikut dapat digunakan sebelum, selama, atau setelah perjalanan ke kebun binatang:
1.      BERAPA BANYAK JARI KAKI YANG TIDAK DIMILIKI SEEKOR JERAPAH ? APA WARNA LIDAH SEEKOR JERAPAH? DAPATKAH ANDA MENYENTUH HIDUNG ANDA DENGAN LIDAH ANDA? Jelaskan bahwa jerapah menggunakan lidah mereka sama seperti cara kita menggunakan garpu dan sendok.
2.      Seekor ular ditutupi dengan sisik. Tanyakan, APAKAH JARAK PERUT ULAR SAMA BENTUK DAN UKURAN PADA PUNGGUNGNYA? APAKAH SEEKOR ULAR MEMILIKI BULU? APAKAH ULAR MEMILIKI BULU BINATANG?
3.      Orang-orang memiliki beberapa jenis gigi dalam mulut mereka. Setelah melihat dalam beberapa mulut, mintalah anak-anak melihat gigi buaya. APAKAH GIGI MEREKA SEMUA SAMA JENIS? MENGAPA ANDA BERPIKIR JUGA?
4.      APA YANG KITA GUNAKAN UNTUK MELINDUNGI KAKI KAMI? BAGAIMANA CARA KAKI DARI DOMBA DAN RUSA DIGUNAKAN UNTUK HIDUP? Ketika di depan layar hewan berkuku, mintalah siswa merentangkan lengan mereka bersama-sama sambil melihat langsung ke depan. KAPAN ANDA BISA MELIHAT TANGAN ANDA? Mengarahkan perhatian anak-anak dengan binatang berkuku. DIMANA MATA RUSA TERLETAK? Diskusikan lokasi mata dan menyebutkan beberapa keuntungan memiliki mata yang bisa melihat di belakang Anda.
5.      Di depan akuarium bertanya, BAGAIMANA ANDA BERPIKIR IKAN BERNAPAS? APAKAH IKAN MEMILIKI HIDUNG? TEMUKAN SATU IKAN YANG DIBERI MAKAN DARI PUNCAK TANGKI/TANK? TEMUKAN APA YANG DIBERI MAKAN DARI DASAR TANGKI/TANK ITU?. APAKAH ADA IKAN YANG DIBERI MAKAN PADA PERTENGAHAN TANGKI/TANK?
6.      APAKAH BINATANG AOF MEMPUNYAI  BAYI?            mengacucu pada pertanyaan ketika mengamati bayi binatang. APAKAH BAYI TERLIHAT SEPERTI ORANG DEWASA ? BAGAIMANA MEREKA BERBEDA? APAKAH BAYI GELISAH PADA SAAT SENDIRI? APAKAH SALAH SATU  ORANG DEWASA MENJAGA BAYI ITU? APAKAH ORANG DEWASA YANG MENGURUS BAYI ITU?
Belajar kebun binatang bisa menjadi pengalaman menarik. Untuk perjalanan sukses, kegiatan rencana sebelum, selama, dan setelah kunjungan kebun binatang. Jika ini adalah perjalanan pertama anda ke kebun binatang, berkonsentrasi pada bagian tubuh akrab dan kegiatan. Sebagai contoh, bagaimana hewan bergerak, makan, mendengar, melihat, atau melindungi dirinya sendiri?
Gunakan pertanyaan untuk mendorong diskusi tentang kemampuan khusus dan adaptasi hewan
2.7.2        Kegiatan Mengumpulkan dan Bermain Games
A.    Mengumpulkan
Anak sangat suka mengumpulkan. Mereka makin menyadari detil, dan kemampuan mereka untuk membandingkan dan mengkategorikan benda berkembang. Mereka cenderung untuk mulai mengumpulkan sekantong penuh benda-benda kecil dan portabel yang mereka lihat disekitar mereka. Guna kecenderungan alami ini untuk mendorong anak-anak untuk mengamati, membandingkan, mengurutkan, dan mengklasifikasikan. Koleksi dapat terdiri dari banyak hal seperti tanaman, hewan, bulu, bulu, batu, kerang laut pasir, tanah, dan apa pun yang anaak rasa penting
Namun apapun komposisi koleksi, harus dipandang sebagai sarana untuk mendorong penyelidikan, bukan sebagai tujuan itu sendiri. Dengan cara ini, identifikasi sederhana benda tidak menjadi titik fokus mengumpulkan. Sebaliknya, anak-anak akan mempelajari langkah-langkah dasar dalam penyelidikan ilmiah
1.      Memulai dengan Menggunakan Kaca Pembesar
Bantuan yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengklasifikasi. Bantu plastik genggam yang sempurna untuk semua usia, murah, dan memiliki keuntungan yang mobile untuk eksplorasi luar ruangan. Kotak pembesar adalah kotak plastik berongga dengan kaca pembesar dilepas di bagian atas. Mereka adalah ideal untuk mengamati harta kecil dan hewan seperti serangga hidup. Bila menggunakan bantu, hati-hati menangkap serangga, mengamati mereka, kemudian mengembalikan mereka ke lingkungan mereka tanpa cedera. Dengan cara ini, Anda akan mendorong kemanusiaan serta observasi.
Siswa juga dapat menggunakan kaca pembesar berukuran jumbo terpasang berdiri berkaki tiga. Tidak perlu untuk memegang benda dengan jenis kaca pembesar, ditambah objek dengan ukuran yang berbeda dapat diperiksa pada waktu yang sama. Meskipun beberapa keterampilan yang diperlukan untuk menyesuaikan sebagian bantuan, upaya ini penting karena bantuan sebelum mengumpulkan
Mrs Red Fox memperkenalkan bantuan dengan membiarkan anak-anak mengeksplorasi untuk jangka waktu sendiri. Dia tidak memberitahu mereka apa yang harus melihat, bukan dia memberikan mereka waktu untuk "main-main" dengan kaca pembesar. "Wow!" mengamati Trang Fung. "Lihatlah seberapa besar rambut di tangan saya terlihat." Saat ia terus melihat-lihat benda-benda dekat dengannya, Dean gerakan nya ke mejanya.
"Lihat, Trang. Lihatlah lengan bajuku. "" Mrs Red Fox, "tanya Sara. "Apakah hal ini selalu melihat lebih banyak?" "Mari kita lihat melalui mereka dan melihat," saran guru.
Mrs Red Fox berencana beberapa peluang untuk melihat objek dengan cara yang berbeda. Dia meminta anak-anak untuk menggambarkan objek sebelum melihat dengan kaca pembesar, untuk menggambarkan apa yang mereka lihat sementara mereka melihat, untuk membandingkan bagaimana objek terlihat di bawah kekuasaan yang berbeda, dan untuk membandingkan dan penampilan kontras benda setelah selesai melihat. Dia bertanya, "Bagaimana objek muncul di bawah kaca pembesar? Mengapa Anda pikir itu terlihat berbeda? "
Kelompok guru anak-anak dan telah mereka teliti berbagai wilayah ruang, pakaian mereka, makan siang, dan jaring laba-laba. Dia menjelaskan bahwa kaca pembesar sendiri disebut lensa dan menegaskan bahwa benda terlihat berbeda di bawah kaca pembesar. Dia menjelaskan bahwa ini adalah karena cara kaca pembesar dibangun, tetapi tidak menyarankan penjelasan teknis. Anak-anak Pratama akan menikmati dan memperhatikan rincian tidak terlihat dengan mata telanjang
2.      Fokus pada Mengumpulkan
Praktek mengumpulkan di halaman sekolah atau di lingkungan. Membantu anak-anak fokus pada koleksi mereka dengan memberi mereka saran. Setelah mengumpulkan, menyarankan sistem klasifikasi, biarkan anak-anak datang dengan mereka sendiri, atau mencoba menyortir benda dengan cara yang berbeda. Tujuan utama pengumpulan bukanlah identifikasi pada usia ini. Sebaliknya, pengumpulan harus dipandang sebagai kesempatan untuk mendorong penyelidikan dan menjadi sadar akan berbagai persamaan dan perbedaan di alam. Sebagai anak-anak mengumpulkan, mereka amati, pengantar, mengklasifikasikan, dan mulai berpikir seperti ilmuwan mungkin berpikir.
Ide-ide mengumpulkan berikut akan mendapatkan kelas dimulai.
1.      Daun. Mengumpulkan dan memilah daun dengan warna, bentuk, pola vena, dan ujung-ujungnya, dan sebagainya. Tanyakan, BERAPA BANYAK DAUN MERAH, ANDA BISA MENEMUKAN? ANDA BISA MENEMUKAN DAUN YANG HALUS?LAKUKAN BEBERAPA DAUN YANG MERASA BERBEDA? COBA TEMMPATKAN SEMUA DAUN YANG SAMA DI BAU PILE. Anak-anak akan ingin mengasosiasikan daun dengan namanya pada label. Saran untuk menampilkan koleksi ditemukan di Unit 42 (Gambar 34-5)
2.      Kerang. Kumpulkan berbagai jenis kerang kosong, misalnya, kulit kacang, kulit telur, kerang siput, seshells. Tanyakan, JENIS BENDA MEMILIKI SHELL A? BAGAIMANA ANDA PIKIR MEREKA US SHELL MEREKA?
3.      Sampah. Mengumpulkan sampah di sekitar halaman sekolah. Tanyakan, APA JENIS sampah yang PALING SERING KAMU TEMUKAN? MANA APAKAH ANDA MENCARI TI?
4.      Benih. Benih dapat ditemukan di tanah atau terbang di udara. Berjalan melalui lapangan dan memeriksa biji menempel di kaki celana dan kaus kaki. Urutkan biji dengan ukuran, warna, dan cara mereka tersebar. Tanyakan, APA JENIS BENIH, PERNAHKAH ANDA MENEMUKAN PALING SERING? Saran untuk mendirikan pusat pada biji yang ditemukan di Unit 40
5.      Jaring laba-laba. Jaring lab-laba ada di sekitar kita, tetapi anak-anak akan membutuhkan latihan dan kesabaran untuk mengumpulkan mereka. Semprot bubuk di web, kemudian menempatkan selembar kertas gelap di satu sisi itu. Tahan web di tempat dengan hairspray. Tanyakan, BAGAIMANA PERSAMAAN jairng laba-laba DAN PERBEDAANYA? Anak-anak bisa menikmati dengan menarik benang melalui lem kerajinan putih untuk menduplikasi cara sebuah jaring laba-laba. Biarkan kering dan menggantung
6.      Bulu. Bulu dapat ditemukan di rumah di sekolah, dan dalam perjalanan ke sekolah. Anak-anak akan menikmati memeriksa bulu dengan kaca pembesar mereka. Tekankan bulu. Tanyakan, bagaimana caranya berbulu sama? BAGAIMANA MEREKA BERBEDA? Jika anak-anak sedang mempelajari burung, mengidentifikasi fungsi dari berbagai jenis bulu (Gambar 34-6)
7.      Penjiplak. Cara lain untuk mengumpulkan tayangan benda. Menjiplak dari kulit kayu dan fosil yang dibuat dengan memegang satu sisi selembar kertas terhadap suatu objek dan menggosok sisi lain dengan krayon gelap. Gunung yang dihasilkan pola di atas kertas konstruksi berwarna dan tampilan. Mintalah anak-anak membandingkan dan mengklasifikasikan. Mintalah anak-anak membandingkan dan mengklasifikasikan pola
8.      Tanah liat. Tanah liat dapat digunakan untuk memunculkan kesan fosil, kulit kayu, daun, dan biji. Simplay tekan terhadap resiko tanah liat objek, menghapus, dan membandingkan tayangan
9.      Plester cetakan. Sidik jari kaki dapat dilestarikan dengan membentuk cetakan plester. Campur plester, membangun pelek kardus kecil di sekitar tapak, dan tuangkan ke dalam plester kesan bahwa Anda telah menemukan. Hati-hati menghapus plester saat kering dan kembali pemain ke kamar untuk perbandingan
3.      Mengumpulkan Hewan Kecil Tanpa Tulang Punggung
Mr. Wang meminta murid-muridnya, "apa hewan favorit Anda?" "Semudah itu," kata Derick. "Saya seperti singa, segel, dan kucing." "Aku juga," kata Theresa. "Tapi aku benar-benar seperti kuda yang terbaik." Brent timpal bahwa hewan peliharaan favoritnya adalah gerbil, dan Liu Pei menegaskan bahwa anjing adalah binatang terbaik karena mereka menjaga rumah Anda.
Beberapa siswa menyebutkan reptil sebagai binatang favorit, tetapi sebagian besar mamalia nama anak. Untuk memperkenalkan invertebrata seperti hewan dan menjernihkan kesalahpahaman umum, guru memiliki anak-anak jika hewan favorit mereka memiliki tulang belakang. "Ya, tentu saja mereka lakukan," Brent jawaban
Wang menjelaskan bahwa tidak semua hewan memiliki tulang belakang, hewan-hewan ini disebut invertebrata. Dia menyebutkan beberapa seperti cacing, spons, moluska, bintang laut, lobster, laba-laba, dan serangga dan terkejut melihat kepentingan anak
Guru memutuskan untuk merencanakan perjalanan mengumpulkan ke kolam dan lapangan di dekatnya. Setiap siswa adalah mengenakan pakaian tua, celana berkaki panjang, dan membawa selai kacang jar berukuran dicuci. Wang telah menyiapkan penyapu serangga dan beberapa botol tangkapan
Sebelum meninggalkan di perjalanan, Wang memberi instruksi. "Kami akan harus tenang dan mencari tinggi dan rendah." Memotong Derick di, "Dan di bawah batu, semak-semak, dan cabang jatuh." "Ya," kata guru itu. "Lihatlah hati-hati di mana Anda berjalan."
Kelas bekerja dalam tim saat berburu, dan setiap tim mencoba untuk menangkap hanya satu jenis binatang. "Ingat di mana Anda menangkap hewan Anda," Wang mengingatkan anak-anak. "Kami akan mengubah serangga longgar di habitat yang sama bahwa kita menemukan mereka."
Setelah kembali ke kamar, tim buku bekas alam untuk mengetahui bagaimana untuk menjaga tawanan mereka hidup. Setiap hewan itu ditampilkan dengan kartu indeks memberikan namanya, habitat. Banyak questins dibesarkan. "Doe cacing saya suka makan kismis?" Derick ingin tahu. Brent tertarik untuk mengetahui apakah cacing bisa melihat, dan Liu Pei bertanya-tanya apakah menabur bug nya akan menggali di tanah wadah mereka
Wang mendorong observasi ketat dan investigasi dengan pertanyaan seperti, "Apakah hewan seperti permukaan kasar atau halus? Apakah itu menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam terang atau dalam gelap? "
Keesokan harinya, Liu Pei membawa hewan ia telah menemukan dalam perjalanan ke sekolah. Layar tumbuh. Anak-anak tergolong hewan dengan warna, jumlah kakinya, dan di mana mereka ditemukan. "Mari kelompok hewan ke dalam yang ditemukan di darat dan yang ditemukan di atas air," kata Theresa, "Jangan lupa udara," saran Brent. "Tambang ditemukan di udara." (Gambar 34-9) Setelah mengamati semut, kelas menikmati mendramatisir cara semut berpindah ke lagu, "Semut berbaris pergi ...."
Display hewan tak bertulang belakang adalah sebuah cara yang baik sekali untuk memperhatikan binatang-binatang dan habitatnya. Siswa-siswa memiliki kesempatan untuk mengklasifikasikan, meneliti sifat, belajar siklus hidup, dan memperluas definiisi tentang binatang-binatang. Sementara siswa-siswa mengembangankan perubahan bentuk yang bersangkutan,  yang lain bekerja untuk membuat peta pembatas, dan semua memperoleh sebuah penghargaan dari kepatuhan dan dunianya.
B.     Permainan
1.      Taruh Udang Laut Kedalam Peti
Untuk bermain permainan ini, yang mana hampir sama untuk pertempuran, kamu harus membuat hadiah pertama dua papan permainan yang sama dan bagian dari tempat duduk bermain. Kegiatan menghubungkan dengan  pokok sains diantara pilihanmu. Misalnya, jika kamu melakukan sebuah satuan kebun binatang,  sebuah padang rumput atau halaman pertanian menjadi pilihan yang jelas. Sebagai contoh, membayangkan bahwa kamu meniggalkan pantai Maine. Untuk sebuah permainan, pemilihan binatang biasanya membuat keadaan ini. di kotak ini, kamu memasukkan udang laut yang kuat, kepiting, belut, kijing, ikan paus, lumba-lumba, dan anjing laut. Kamu akan memerlukan dua atau lebih binatang. Atau, menggunakan bagian permainan tiga dimensi.
Kegiatan ini adalah permainan terbaik sebagai permaian kelas sebelum para siswa mempunya kesempatan berpasangan atau berkelompk kecil. Ketika kamu memberi perintah, “Taruh udang laut kedalam peti”, para siswa dapat bertanya dengan yang lain dan memintamu berrta untuk membenarkan pengetahuan mereka mengenai udang laut. Pisahkan pemain dengan kotak atau dengan penghalang sehingga mereka tidak dapat melihat setiap papan yang lain.
Sebuah permulaan yang khas menukar tempat seperti ini:
Inisiator:          ambil benda yang panjang dengan tangan dan taruh benda dibawah isi hijau yang mengapung
Pengikut:         hanya di pasir?
Inisiator:          tidak, taruh kedalam pasir dibawah tanaman.
Pengikut:         dibawah benda terapung dekat ikan warna coklat?
Inisiator:          iya betul
Tindak lanjut dengan diskusi sangat penting dalam permainan ini. Setelah bermain, selalu permain membandingkan papan mereka dan mebicarakan tentang banyak perbedaan diantara mereka.
2.      Gambaran Penelitian
Kamu tahu bahwa kegiatan manupilasi tangan mengembangkan kemampuan huruf dan belajar tentang konsep sains. Tetapi, banyak guru tidak peduli dari cakupan siswa dalam perlunya berpartisipasi aktif dalam perkembangan kemampuan dan konsep. Penelitian sains yang tak beraturan adalah menghindar terhadap beberapa alasan yang biasa. Satu alasan bahwa beberapa guru tidak melakukan rasa menyenangkan dalam pembelajaran sains. Guru lain menghubungkan temuan anak dan sebuah bahan tugas yang sulit, dan  yang lain masih percaya bahwa penelitian harus  menjadi pendiam pada anak yang lebih tua.
Rasa takut ini harus diletakkan saat istirahat. Kamu tidak perlu latar belakang sains yang luas untuk memandu anak dalam penelitian sains. Apa yang kamu perlukan adalah memerintahkan bagaimana untuk melakan itu. Strategi menjelajah untuk mengatur anak dan baham. Pengalaman awal sains memberikan latar belakang kebutuhan untuk masa depan, kemampuan canggih yang lebih dan pengembangan konsep.
3.      Penelitian pembelajaran sains
Penelitian sains biasanya dimulai dengan pertanyaan. Sebagi contoh, BERAPA LAMA KAMU DAPAT MENJAGA POTONGAN ES KRIMDARI MELELEH?. Anak dapat mulai meneliti dengan mengungkapkan pertanyaannya sendiri, sama dengan BERAPA LAMAKAH POTONGAN ES KRIM AKAN TAHAN JIKA SAYA BIARKAN ITU DI PIRINGKU?
Setelah awal pertanyaan atau pertanyaan, kamu biasanya memprediksi apa yang kamu fikir itu bisa terjadi. Di potongan es misalnya, seorang anak memprediksi dengan kuat’ “saya fikir potongan es akan habis sampai makan siang”
Penentuan cara variabel sederhana mengambil semua faktor kedalam laporan bahwa pengaruh kuat akibat dari penelitian. Meskipun sebagian besar murid kelas-3 dapat memegang variabel istilah. Itu tidak sebaik mengenalkan istilah ini bagi taman kanak-kanak melebihi anak kelas-2. Komponen penelitian ini biasanya terlalu sulit untuk usia dasar anak untuk memahami. Justru, menanyakan pertanyaan tentang  variabel tangganpan anak dalam penelitian. Sebagai contoh, bertanya, APAKAH YANG KITA COBA LAKUKAN UNTUK MENEMUKAN KELUAR?. APAKAH KITA AKAN BERUBAH?. Ide tentang menjaga sesuatu yang tetap dapat menjadi mengerti dengan berbicara tentang ide kejujuran. Itu masih tidak akan menjadi jujur untuk segala sesuatu tidak menjadi sama.
Menjaga catatan tentang pengamatan, hasil, cara, pemerolehan informasi, dan ukuran pengumpulan apa saja selama penelitian. Kesimpulan, tentu adalah pernyataan agar memberitahukan jika ada keaslian prediksi, hipotesis, yang menolak. Pertanyaan, APA YANG TERJADI? APAKAH KAMU BERFIKIR APA YANG AKAN TERJDI? APAKAH KAMU TEREJUT?
Cara ini menyerupai metode ilmiah untuk berfikir. Ini karena anak tanpa disadari menggunakan metode ilmiah mereka sebagai cara mengamati, memprediksi, dan mencapai kesimpulan. Memberi harapan kepada mereka untuk meneliti secara mendalam dalam memperhatikan alam.
Faktanya, kita dapat mengadakan  penelitian murid. Dasarnya, anak mencoba menemukan jawaban dari pertanyaan agar apa yang mereka tidak tahu menjadi terjawab. Seperti mereka meneliti, mereke menemukan jawaban dari pertanyaan mereka dalam arah yang sama sebagai kegaitan ilmuan. Mereka berfikir seperti seorang ilmuan.
C.    Mengatur Kelas
1.      Mengatur anak untu belajar
Mengatur kelas menjadi kelompok-kelompok tidak lebih dari empat anak. Ini diperlukan agar setiap anak mempunyai tanggung jawab dalam timnya. Menunjuk pemimpin kelompok, yang bertanggung  jawab untuk melihat semua bahan yang diperoleh dengan tepat, digunakan, dan ditaruh kembali. Perncatat bertanggung jawab untuk memperoleh meletakkan  kembali, mencatat, dan menulis buku-buku, dan melaporkan hasilnya di kelas. Menunjuk seorang wasit, yang mempunyai perintah terakhir dalam bebrapa aktivitas yang berhubungan keilmiahan yang diperdebatkan, dan seorang peneliti, yang bertanggung jawab untuk melihat arah pengikut kelompok ketika melaksanakan kegiatan ilmiah. Membenarkan anak mengerti akan tanggung jawabnya.
2.      Mengatur bahan untuk belajar
Bahan-bahan dapat diatur melalui kebiasaan. Satu kemungkinan adalah untuk menbagikan bahan-bahan dari empat pusat penyalur  di ruangmu. Setiap pusat harus diberi nama 1, 2, 3, 4 dan berisi semua perlengkapan yang diperlukan untuk bereksplorasi. Kemudian, beri nomor anak dalam kelompok 1, 2, 3, 4. Yang pertama bertanggung jawab untuk memperoleh bahan dari pusat penyalur 1, ke-2 di nomor pusat 2, dan yang lain jg. Lokasi tempat penyalur di area yang terpisah diantara ruang agar tidak gaduh, beri batas waktu untuk mengumpulkan bahan-bahan, dan menyediakan daftar bahan sehingga ketua kelompok dapat memeriksa untuk melihat apasaja yang diperlukan di daftar mereka.
Jika kamu adalah pengajar pelajaran yang tersusun, kamu boleh membuat daftar petunjuk apa yang tiap inndividu akan lakukan selama bereksplorasi. Sebagai contoh, jika kamu ingin seorang anak untuk menyelidiki konsep permukaan dengan sabun dan lada, yang pertama tuangkan air kedalam cangkir, yang kedua tuangkan lada kedalam cangkir, yang ke-3 lapisi tusuk gigi dengan cairan sabun, dan yang ke-4 celupkan tusuk gigi kedalam lada.
Bereksplorsi dengan pengetahuan sangat menyenangkan. Untuk memlihara kedisiplinan  antara aktivitas pengantar yang kompleks dengan keseluruhan kelas, sebuah sistem organisasi untuk anak dan bahan adalah kebutuhan. Membuat aturan yang sederhana  dan jelas untuk operasi kelas. Sekali anak merasa nyaman dengan peraturan dan sistem organisasi, kamu hanya akan memerlukan pengulangan pada waktu tertentu untuk mengharapkan menjaga tugas mereka.
3.      Strategi kantong pengelolaan
Guru dasar Maureen Awbrey menyiapkan untuk mengatur anak dalam area belajar yang dibuat kantong kartu perspustakan sesuai selara untuk setiap anak didalam kelasnya. Setiap kantong ada gambar anak didalamnya dan sebuah simbol pembeda berbentuk segitinga orange atau persegi hijau. Anak mempelajari tugas kelas mereka dan menjadi tahu dengan simbol mereka sebagai peninjau ulang daftar tugas meraka setia pagi.
Setelah anak merasa senang dengan simbol pribadi dan kantongnya, bu Awbrey memperkenalkan mereka area belajar di ruangan. Setiap area ditunjukkan oleh kantong dan simbol yang memberitahukan anak bagaimana cara setiap individu boleh bekerja di sebuah area. Sebagai contoh, lingkaran empat berarti empat anak berada dalam area. Jika bu Awbrey tidak menginginkan anak anak menggunakan beberapa perlangkapan, dia menempatkan tanda “tutup” di area itu.
Potongan berwarna dari lapisan kertas berisi nama anak dan area belajar yang tersedia di kantong anak. Potongan ini dinamakan tiket. Ketika pelari ingin membuat sebuah kebun di pusat blok, dia mengambil tiket bloknya untuk area blok dan menaruhnya dalam kantong. Ketika dia telah selesai bekerja di area blok, dia mengeluarkan tiketnya dan menaruh tiketnya di keranjang. Di jalan ini, anak berputa melewati ruang dan mengarah pada keanekaragaman pengalaman belajar.
4.      Contoh Penelitian
BERAPA LAMA MEMBUAT HANDUK KERTAS MENJADI KERING?
KONSEP: 
Menghilangkan air kedalam udara selama penguapan
OBJEK:     
Anak harus melakukan tindakan  mengreingkan baju di tali dengan menyelidiki jarak waktu yang digunakan untuk membuat handuk kertas menjadi kering,
BAHAN:  
Semangkok air, handuk kertas, kertas karton, piring pie
CARA:     
minta anak mengeringkan bajunya setelah mereka cuci. Apakah anak meletakkan pada pengering? Apakah mereka menggantungnya pada tali?, katakan , AYO BERPURA-PURA JIKA HANDUK KERTAS INI ADALAH BAJU DAN LIHAT BERAPA LAMA INI AKAN KERING
1.      Rendam handuk kertas dalam air
2.      Peras keluar semuanya semampumu
3.      Buka handuk dan letakkan di piring pie
4.      Biarkan piring di atas meja. Biakan anak untuk melihat dan mencatat waktunya
5.      Sentuh handuk setelah 30menit dan lihat jika sudah kering. Ketika sudah kering, catat waktunya
6.      Berapa lama handuk bisa kering? Buat grup untuk mempresentasikan penemuannya dalam grafik kelas
PERLUASAN:
Apa yang kamu pikirkan akan ada perbedaan jika kamu menjemur handuk di sinar matahari atau ditempat teduh?. Yang mana handuk basah akan kamu fikir kering pertmakali?. Apakah kamu fikir angin akan membedakan berapa lama handuk kertas dapat kering? Atur ulang kipas dan buat angin. Ukue perbedaan waktu keringnya.
DAPATKAH IKAN MAS MENJADI TERLATIH?
KONSEP:
Binatang dapat terlatih untuk merespon cahaya dan sinyal lainnya.
OBJEKTIF:
Anak dapat melatih ikan mas untuk merespon cahaya
BAHAN:
Ikan mas (min 2), wadah, senter, makanan ikan
PROSEDUR:
Tanya, “pernahkah kamu melatih hewan peliharaan untuk melakukan sesuatu?”. Anak-anak terkadang memiliki anjing yang dapat duduk atau diam. “apakah kamu berfikir bahwa ikan mas tau kapan waktunya untuk makan?” “bagaimana kita melatih ikan mas untuk pergi ke pojok wadah untuk makan?” diskusikan kemungkinan.
    Nyalakan senter ke pojok wadah. Tanya, “apakah ikan mas berenang mengarah ke cahaya?” (tidak). Setiap hari berikan sedikit makaanan kedalam air ketika kamu menyalakan senter di pojok. (gambar 34-13). Tanya “apkah ikan melaukkannya?” (berenang ke arah cahaya)
Laukan ini untuk beberapa hari di berapa kali pertemuan. Lalu nyalakan lampu tanpa memberi makanan. Tanya, “apa yang terjadi ketika kamu menyalakan lampu?” (ikan datang ke cahaya, tapi hanya untuk bebrapa hari jika tidak diberi makanan)
PERLUASA:
Tanya, “akankah ikan merespon kepada sinyal yang berbeda?” “apakah kedua ikan merespon dengan cara yang sama?” “akankah tipe ikan yang beda merespon dengan cara yang sama?”. Sudahkah anak merekam percobaan mereka dan kesuksesan. Mereka boleh menulis cerrita tentang ikan mereka. Beritahu lainnya dan mengundang kelas lain untk melihat ikan terlatih mereka.
Contoh tentang topik untuk meneliti
1.    Dapatkah kita mendesain kotak untuk menyimpan potongan es dari pencairan?
2.    Akankah jamur tumbuh di roti?
3.    Dapatkah kita mendapat tepung cacing untuk berubah arah?
4.    Objek apakah didalam kelas kita yang dapat menarik magnet?
5.    Dapatkah biji tumbuh tanpa tanah?
6.    Bagian mana dari titik basah dapat kering terlebih dahulu: atas, tengah, atau bawah? Ataukah semua itu kering pada waktu yang sama (gambar 34-14)?
2.7.3        Sets, Simbol, dan Klasifikasi
a.      Mengklasifikasikan Sayuran
Walaupun anak-anak akan diminta untuk membawa sayuran dari rumah untuk pelajaran ini, Anda perlu mempersiapkan berbagai sayuran untuk belajar maksimal. Benih dan taman dan gambar majalah dapat memberikan ilustrasi tentang bagaimana sayuran tumbuh. Tiga kategori utama sayuran yang bekerja dengan baik dengan anak-anak adalah: daun dan batang sayuran (kubis, selada, bayam, sawi, peterseli), sayuran akar (kentang manis, wortel, bit, lobak, bawang), dan sayuran biji (mentimun, gambut , kacang-kacangan, jagung, kedelai). Mrs, Red Fox melakukan kegiatan berikut di musim gugur dengan kelas kelas pertama.
Pertama, ia mengajak anak-anak untuk bergabung dengannya di karpet untuk memeriksa sayuran yang berbeda. Lalu ia bertanya kelasnya untuk menggambarkan sayuran di depan mereka. Mereka menjawab, "Panjang, kasar, halus, mengelupas, keras, gatal, kental, bergelombang, renyah, putih, oranye." Mrs Red Fox memegang kentang dan bertanya, "Dapatkah seseorang menjelaskan kentang ini? "Saya bisa", trang Fung mengatakan. "Kentang bergelombang dan coklat." "Baik", kata Mrs Red Fox, "siapa yang dapat menemukan sayuran lain yang bergelombang?" "Kacang adalah sedikit bergelombang" menyarankan Sara. Mrs, Red Fox menulis kata bergelombang pada 3 x 4 inci kartu dan kelompok kentang dan kacang bersama-sama. Lalu ia memegang wortel dan bertanya, "apakah ada sayuran lain yang terlihat seperti ini?" Dean mempelajari bermacam-macam sayuran dan berkata, "bagaimana labu?" "Ya, labu dan wortel keduanya sama seperti jeruk berwarna oranye." Mrs Red Fox menulis oranye kata pada kartu dan menempatkan wortel dan labu bersama dengan kartu. anak-anak terus mengklasifikasikan oleh karakteristik sampai setiap sayuran dalam kelompok. Mrs Red Fox didinginkan sayuran semalam dan readies mereka untuk kegiatan seri yang menekankan berbagai konsep.
1.      Di mana mereka tumbuh? kelas membahas bagaimana sayuran yang berbeda tampak saat mereka tumbuh. setelah semua, untuk semua anak-anak tahu, kentang berasal dari memproduksi bagian supermarket dan jagung berasal dari kaleng. anak-anak memiliki cocok dengan sayuran dengan gambar sayuran tumbuh menyenangkan. Mrs Red Fox membuat permainan mencocokkan sebenarnya sayuran dengan bagaimana mereka terlihat saat mereka tumbuh (Gambar 26-1)
2.      menggali kentang. setelah pencocokan sebenarnya sayuran dengan gambar menanam sayuran. anak berlatih menggali kentang. Mrs Red Fox mengisi bak pasir dengan deretan kentang dan anak bergiliran menggali. Wortel, bit, dan lobak ditanam dengan puncak berdaun mereka di atas tanah, dan anak-anak bergiliran berkebun (Gambar 26-2)
3.      apa yang ada di dalam? mangkuk kacang polong ditetapkan untuk dibuka dan di kembangkan, dan ide awal taman mulai terjadi pada anak-anak.
4.      bawah, pada, dan di atas. Mrs Red Fox membuat papan buletin latar belakang taman, dan anak-anak sesuai dengan potongan sayuran ke tempat mereka tumbuh. bawang ditempatkan di bawah tanah, kacang polong, bas, dan jagung ditampilkan di atas tanah, dan selada, kubis, dan peterseli ditampilkan di lapangan
5.      pola. anak menempatkan sayuran dalam pola. Trang Fung membuat pola kentang, labu, seledri, dan mentimun. katanya, "bergelombang, bergelombang, bergelombang, mulus. lihat pola saya. dekan, Anda dapat membuat pola?" dekan mulai pola sendiri. "saya tidak akan memberitahu Anda pola saya," kata Dean. Dia ditata mustard, wortel, kacang polong, kubis, kentang, dan kacang-kacangan. Trang Fung tersenyum dan melanjutkan pola. "di tanah, bayam, bawang, jagung." katanya (gambar 26-3)
6.      cetakan sayuran. seperti minggu melanjutkan, beberapa anak bertanya-tanya apakah dalam sayuran seperti dan berbeda juga. jadi, Mrs Red Fox memotong beberapa sayuran dan membiarkan anak-anak mengeksplorasi pencetakan dengan sayuran. dia proured cat tempera pada spons untuk pad cap. maka anak mencelupkan sayuran di cat dan dicetak di atas kertas konstruksi. Mrs Red Fox berlabel beberapa cetakan dengan kata-kata sayuran dan menutup mereka untuk dekorasi.
cetakan kemudian diklasifikasikan dengan warna dan karakteristik. beberapa anak membuat pola dengan cetakan mereka dan meminta orang lain untuk menebak pola dan sayuran yang membuat pola
1.      Mangkuk Sayur
Anak-anak juga bisa belajar tentang anggota sayur sayuran dan buah kelompok melalui literatur dan memasak. setelah sayuran dan kelompok makanan buah, membaca buku Stone Soup dan bertindak keluar cerita di papan flanel.
Mencetak resep di papan poster, menambahkan petunjuk gambar, dan memiliki anak-anak mencuci sayuran untuk memasak. anak-anak akan cepat belajar untuk menggunakan peelrs sayuran dan meja pisau saat mereka memotong sayuran menjadi potongan-potongan kecil. kemudian, bertindak keluar cerita sekali lagi. kali ini, benar-benar menambah batu dan sayuran untuk crockpot memasak untuk hari. kaldu kubus, garam, dan merica akan membumbui sup. jangan heran jika anak-anak muda berpikir bahwa batu terbuat semua sup.
Menyiapkan satu set kartu dengan gambar bahan dan memiliki siswa meletakkan kartu dalam urutan yang benar dari kegiatan memasak. anak-anak akan ingin membuat bagan pengalaman mempersiapkan sup batu. mereka bisa bahkan grafik bagian favorit mereka dari sup
2.      Seperangkat Binatang
boneka binatang yang akrab bagi anak-anak dan dapat dikelompokkan dalam berbagai cara. salah satu cara adalah kelompok boneka binatang di meja dengan set, sekelompok satu, dua, tiga, dan seterusnya. mintalah anak-anak untuk menggambar set hewan di meja mereka pada selembar kertas putih. setelah anak-anak telah ditarik animlas. pokok gambar di setiap meja menjadi sebuah buku. anak-anak di setiap meja telah membuat sebuah buku hewan yang, berpasangan, dan sebagainya. Baca setiap buku dengan anak-anak dan membuat semua buku yang tersedia untuk membaca kelas independen.
3.      Pemetaan Pertama dalam Pengalaman
Pengalaman sehari-hari membaca peta adalah abstrak dan membutuhkan latihan untuk berkembang. kegiatan pemetaan berikut meliputi penggunaan simbol dan membangun "Lihat Mata Burung" pengalaman pemetaan
1.      pemetaan nyata. anak tidak akan mampu menghadapi simbol pada peta jika mereka belum memiliki pengalaman dengan pemetaan nyata. mengamati anak-anak karena mereka menciptakan jalan, lembah, dan desa-desa di tanah liat atau di meja pasir (gambar 26-5). perlu diingat perspektif melihat ke bawah sebagai anak-anak tempat objek pada peta dasar yang besar. peta tersebut dapat dibuat dari kain minyak dan digulung bila tidak digunakan
2.      pemetaan bergambar. membawa anak-anak ke puncak bukit atau bangunan dan meminta mereka untuk menggambar apa yang mereka lihat. aktivitas dapat menekankan hubungan spasial dan lokasi relatif. setelah Anda kembali dari perjalanan lapangan, membahas apa yang terlihat pada naik bus. menggunakan krayon atau cat untuk membangun sebuah mural perjalanan
3.      pemetaan bergambar semifinal. anak-anak akan menggunakan simbol-simbol yang lebih konvensional ketika mereka membangun sebuah peta bergambar semifinal. karena mereka menemukan bahwa gambar akan mengambil banyak ruang, mereka mencari simbol untuk mewakili objek. warna menjadi simbolis dan dapat digunakan untuk menunjukkan air dan vegetasi.
4.      peta dasar. peta dasar berisi detil paling sederhana minimal diisi oleh guru, yaitu, garis besar, jalan-jalan utama, dan bangunan. ini adalah jenis yang lebih abstrak peta, sehingga daerah harus diketahui anak. menambahkan objek nyata ke dasar abstrak, yaitu, benda mainan dan gambar (gambar 26-6). peta dasar flanel adalah variasi.
hati-hati. tidak pernah menggunakan satu peta untuk melakukan banyak hal. jika pengalaman pemetaan Anda mencoba untuk melakukan terlalu banyak, anak-anak tidak bisa memikirkan kembali pengalaman aktual dan hubungan. setiap peta membuat pengalaman harus memenuhi beberapa tujuan tertentu. setiap peta harus mewakili sesuatu yang khusus bahwa anak-anak mencari dan memahami
4.      Menjelajahi Buah Labu : Oktober Bulan Ilmu
Jika Anda tinggal di mana labu tumbuh, melakukan perjalanan lapangan untuk membeli beberapa, jika tidak, membeli beberapa di toko tersebut. Anda akan membutuhkan labu untuk setiap anak. berencana untuk mengatur anak-anak dalam kelompok dengan pembantu dewasa. kegiatan berikut menggunakan akal untuk mengintegrasikan keterampilan mengukur, menghitung, mengelompokkan, dan grafik dalam eksplorasi labu.
5.      Waktu penjelajahan
Memberi anak-anak waktu untuk memeriksa labu mereka dan batang mereka. bertanya, "bagaimana labu merasa?" "melakukan semua labu memiliki batang?" kemudian, ketika labu yang diukir, mendorong anak-anak untuk menggambarkan perbedaan tekstur antara bagian dalam dan luar labu mereka.
Bertanya, "mana labu adalah terberat?" "yang memiliki labu ringan?" setelah anak-anak memutuskan, membawa keluar sclae dan membuat pengukuran yang akurat. anak-anak mungkin tidak bisa memahami apa artinya skala atau membaca nomor tetapi mereka ingin mempertimbangkan hal-hal pula. rekaman berat (massa) pada bagian bawah setiap labu. kemudian, ketika jack o laterns diciptakan. anak-anak dapat membandingkan perbedaan massa.
memiliki anak ukur lingkar labu dengan benang. bertanya, "di mana kita akan meletakkan benang pada labu?" "mengapa" menginstruksikan anak-anak untuk membungkus benang sekitar pertengahan labu. kemudian, membantu anak-anak memotong benang dan label. menulis nama anak di selotip dan melampirkannya dengan panjang benang. setelah anak-anak telah mengukur labu mereka dan diberi label benang mereka, telah mereka paku payung panjang benang ke papan buletin. bertanya, "mana labu adalah yang terkecil sekitar tengah?" "yang merupakan terbesar?" "bagaimana Anda bisa tahu?" memiliki anak mengacu pada grafik benang. beberapa anak TK mungkin siap untuk meletakkan panjang benang sepanjang tongkat pengukur dan menggambar grafik garis horisontal bukan yang benang (gambar 26-7)
anak-anak akan ingin mengukur tinggi sebagai lingkar juga. masalah utama untuk memecahkan mungkin akan berada di tempat untuk mengukur dari atas batang atau lekukan di mana batang itu. saat ini, memotong labu. label benang dan pasang ke potongan selotip.Urutan panjang benang dari terpendek untuk Tallent. Tanyakan, "mana benang yang  terpanjang?" "Bisa Anda ceritakan yang memiliki labu tertinggi?"
6.      Mengamati Pumpkins
Mrs Jones memiliki anak-anak TK menghitung jumlah garis lengkung sepanjang bagian luar labu. Dia bertanya, "Berapa banyak baris labu Anda?" Dia menginstruksikan anak-anak untuk saling membantu. Satu anak menempatkan jari pada baris pertama dari labu dan anak lain menghitung garis. Lalu Mrs Jones bertanya, "Apakah semua labu memiliki garis jumlah yang sama ?" "Tidak", jawab Mary, "labu saya memiliki garis lebih dari labu Lai." Beberapa anak bahkan labu karena mereka membandingkan temuan
Mrs Jones terus bertanya, "Bagaimana menurtumu labu itu?" George bilang labu nya kasar, tapi sam menegaskan bahwa nya halus. "Ya," Mrs Jones mengamati. "Beberapa labu kasar dan beberapa yang halus." "apakah mereka memiliki warna yang sama?" Pertanyaan ini membawa buzz aktivitas sebagai anak membandingkan warna labu. Mrs Jones menempel nama setiap anak untuk nya labu dan meminta anak-anak untuk membawa labu mereka ke meja depan. Dia meminta anak-anak untuk kelompok labu dengan variasi warna kuning, oranye, dan sebagainya. Beberapa anak mulai melihat perbedaan lainnya dalam labu seperti bintik coklat dan perbedaan dalam bentuk batang
Anak-anak berkumpul di sekitar Mrs Jones saat ia ada labu i kelas. Dia hati-hati menempatkan benih dan bubur di piring terpisah dan meminta anak-anak untuk membandingkan warna dalam labu dengan warna luar. Dia bertanya, "apa warna yang Anda lihat?" "Apa warna yang Anda lihat dalam labu?" "Saya melihat warna lebih terang" mary Syas, "melakukan semua labu memiliki bagian dalam tubuh cahaya?" George lebih tertarik dalam serat benang . "Ini tampak seperti benang dicelup di dalam labu" "saya senang Anda perhatikan, george" Mrs Jones komentar. "Hal-hal berserabut disebut serat. Ini adalah bagian dari labu. "Siswa belajar kosa kata dan juga membandingkan benih untuk kegiatan mendatang.
Anak-anak juga akan melihat bahwa labu mempunyai bau. Minta mereka untuk menggambarkan bau labu mereka. Apakah mereka mengubah labu mereka dan mencium semua bagian. Kemudian mintalah mereka untuk membandingkan bau bagian dalam labu mereka dengan luar kulit dan dengan biji, serat, dan bubur kertas. "Apakah bau labu mengingatkan Anda pada sesuatu?" Catatan didikte deskripsi dan membuat bagan pengalaman kenangan labu. Tanyakan, "apa yang Anda pikirkan ketika Anda mencium labu?"
Terakhir namun tidak sedikit dalam serangkaian aktivitas mencicipi labu \. Labu dapat dibuat menjadi roti labu atau , untuk ilmu pengetahuan dan Hallowen waktu pesta, membuat kue dengan kismis, hidung, dan mulut. Atau, untuk camilan lezat, memotong sebagian dari labu bubur ke dalam potongan untuk memasak . Setelah matang, dan tambahkan sejumput pala.
Coba memanggang biji labu beberapa. Mintalah anak-anak mencuci biji untuk menghapus kulit ari dan serat. Benih dapat dikeringkan antara lapisan handuk kertas, kemudian dipanggang dalam satu lapisan di atas loyang. panggang dalam oven 350 derajat selama tiga puluh empat menit. Anak-anak dapat mengangkatnya ketika benih siap dengan pucat, warna coklat mereka. Untuk membuat pelajaran perbandingan, menunjukkan kepada mereka bibit yang sebelumnya telah dipanggang dan mengundang mereka untuk memberitahu Anda ketika warna biji memanggang sesuai dengan Anda. Mendinginkan biji, kemudian memiliki camilan.
b.      Mengukur Dunia Sekitar
Taman bermain, meter, dan trotoar memberikan banyak kesempatan untuk mengukur dalam ilmu pengetahuan. Kegiatan-kegiatan berikut menekankan ilmu pengetahuan dan pengukuran dalam petualangan outdoor .
1.      Seberapa jauh itu akan meniup? Setelah berbicara tentang udara dan bagaimana bergerak, mengambil anak-anak di luar untuk menentukan seberapa jauh angin akan meniup benih dandelion. Menggambar lingkaran sasaran banteng -seperti di taman bermain dengan kapur. Label lingkaran. Memiliki anak berdiri di tengah lingkaran dan tahan dandelion matang hingga angin . Rekam arah mana angin bertiup biji dan lingkaran di mana sebagian besar dari mereka mendarat . Ini akan menjadi saat yang tepat untuk membahas angin sebagai cara menyebar benih.
2.      Watcb gulma. Tempatkan tongkat di samping tanaman yang tumbuh seperti dandelion atau gulma serupa. Mintalah anak-anak menandai ketinggian gulma pada tongkat . Periksa gulma setiap hari selama seminggu dan melihat seberapa tinggi mendapat. ( Anda mungkin harus berbicara dengan penjaga sebelum mencoba kegiatan ini . ) Anak-anak menikmati melihat gulma tumbuh. Diskusikan perbedaan dan faktor mungkin dalam pertumbuhan gulma
3.      Berapa lama waktu yang dibutuhkan?, Setelah para siswa memiliki waktu untuk menjelajahi pusat air, pilih beberapa kontainer yang digunakan di pusat. Memimpin anak-anak daerah yang memiliki pinccones , biji-bijian , atau benda alam lainnya yang tersedia. Ingat jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mengisi wadah dengan air. Kemudian, memberikan wadah untuk masing-masing kelompok anak-anak dan memerintahkan mereka untuk mengisinya dengan benda-benda tertentu. Catatan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi wadah . Variasikan aktivitas dengan menetapkan kelompok yang berbeda dari objek yang kontras, kecil, besar, kasar, dan sebagainya, yang dapat digunakan untuk mengisi wadah
4.      Garis mereka. Apakah anak-anak menghitung benda-benda yang mereka kumpulkan di kontainer. Mintalah setiap kelompok untuk berbaris. Bandingkan jumlah benda-benda yang dibutuhkan untuk mengisi setiap kontainer . Jika benda dikumpulkan berbeda , membandingkan jumlah masing-masing jenis objek yang diperlukan untuk mengisi wadah
5.      Bagaimana kita bisa tahu? Anak-anak mungkin akan menemukan banyak cara untuk membandingkan benda yang mereka temukan . Setelah mereka telah diperiksa dan dibandingkan benda mereka secara visual , mendorong mereka untuk menimbang beberapa objek . Tanyakan, "wadah Mana yang terberat ?" Bagaimana kita bisa tahu? " Keseimbangan memberikan ukuran yang obyektif Saldo isi satu kontainer (biji) terhadap isi dari yang lain (kenari). Memiliki anak yang memprediksi akan semakin berat. Beberapa mungkin ingin menggambar apa yang mereka pikirkan akan terjadi.
1.      Popcorn
Anak-anak akan peristiwa urutan saat mereka bertindak keluar camilan favorit. Memiliki dua atau tiga anak menjadi popcorn dengan meminta mereka mendekam di tengah lingkaran selotip atau hula hoop. Ketika Anda menuangkan minyak imajiner pada mereka, memiliki sisa kelas membuat suara mendesis dan menunggu tor membuatnya meledak. Setelah siap, setiap anak harus melompat meledak terbuka seperti kernel popcorn, dan melompat keluar dari lingkaran Popper. Anak-anak akan ingin bergiliran memerankan urutan popcorn .Kemudian , menempatkan Popper popcorn nyata pada selembar kertas di tengah-tengah lantai . Kursi anak-anak sekitar Popper , lepaskan tutup popcorn , dan menonton terbang popcorn . Sebelum makan popcorn , mengukur seberapa jauh popcorn muncul dengan kubus atau tali . ( Hati-hati dari Popper panas. ) Tanyakan , " Yang popcorn terlempar terjauh . ? " " Yang terlempar terpendek ? "
c.       Hubungan Tata Ruang
Di dalam dan luar
Anak-anak ingin tahu tentang tubuh mereka . Mereka yang akrab dengan bagian tubuh luar , yang mereka dapat melihat dan menyentuh , tapi mereka baru saja mulai melihat bahwa hal-hal terjadi di dalam tubuh mereka . Untuk meningkatkan kesadaran dan memperkuat konsep dalam dan luar ,  Jones memiliki anak melihat , merasakan, dan mendengarkan apa yang terjadi di dalam tubuh mereka dalam skenario berikut :
Jones mengisi kantong sampah dengan sebagai sortment item jam luka-up alarm , bola karet , buku , beberapa batang , dan sekelompok anggur dalam kantong sandwich kecil . Dia menempatkan tas di kursi di depan ruangan , yang memungkinkan untuk menggantungkan bawah untuk menampilkan garis-garis besar beberapa objek di dalamnya . Dia bertanya, "Apa yang ada di kursi itu?" George mengatakan, "Sebuah kantong sampah." "Apakah ada hal di kursi di samping tas ?" tanya guru. "Tidak" anak-anak merespon. Jones mengundang anak-anak berkumpul di sekitar tas dan merasakannya. Dia bertanya, "Apakah Anda mendengar atau merasakan apa-apa?" "Ya" kata Mary. "Saya merasakan sesuatu yang tajam" "Dan licin" tambah Sam . George yakin bahwa ia mendengar jam berdetik , dan Lai terasa bulat dan tegas objek yang bergerak
Setelah anak-anak menebak apa yang mungkin di tas, Jones membuka dan menunjukkan pada anak-anak  Apa yang ada di dalam. "Apakah Anda menebak dengan benar?" "Aku lakukan" kata George . "Aku mendengar sesuatu berdetak " "Baik" menjawab  Jones. "Bagaimana kau tahu bahwa tongkat berada di kantong?" Mary berkata, "Aku bisa merasakan mereka menusuk melalui plastik. "Ya" Sam menambahkan, "anggur pasti hal-hal yang licin"
Setelah anak-anak mendiskusikan isi kantong.  Jones mengambil tas dari kursi, meminta anak-anak untuk kembali ke tempat mereka, dan mengajak Maria untuk duduk di kursi. Dia bertanya, "Sekarang, apa yang ada di kursi itu?" Kelas, "Mary" "Ya, Maria adalah di kursi" kata Bu Jones. "Bagaimana Maria seperti tas?" Setelah beberapa tanggapan, George mengatakan, "Mary memiliki sesuatu dalam dirinya, juga," Anak-anak datang untuk melihat Mary, tapi jangan menyentuhnya. Jones bertanya, "Apakah Anda melihat apa yang ada di dalamnya menunjukkan melalui cara itu dengan tas?" tulang pemberitahuan, buku-buku jari, tulang lucu, tempurung lutut, dan beberapa pembuluh darah. Jones meminta Maria untuk melenturkan otot-otot lengannya sehingga anak-anak bisa melihat otot-otot bergerak bencath kulitnya.Jones mendorong anak-anak untuk menemukan otot-otot lain dan merasa mereka bekerja. Dia telah mereka berbaring di tikar di lantai, meringkuk erat , lalu perlahan-lahan meluruskan. "Itu memiliki otot apa yang anda lakukan?" Lalu ia telah mereka berbaring seperti kucing dan meringkuk dalam sebuah jaminan . Otot-otot wajah yang menyenangkan bagi anak-anak.  Jones meminta mereka untuk menemukan dan menggunakan semua otot-otot yang mereka dapat di wajah mereka. Mereka menggoyangkan hidung, kelopak mata bergetar, mengencangkan rahang, dan mengangkat alis. Guru bertanya, "Apakah Anda memiliki otot lidah di dalamnya" Bagaimana Anda tahu?" Akhirnya, anak-anak pindah ke musik karena mereka fokus pada apa yang terjadi di dalam tubuh mereka. Mrs Jones telah mereka menari seperti boneka, kaku dengan beberapa sendi bergerak, kemudian membungkuk dan melengkung cara boneka kain lakukan, dan akhirnya, menari seperti orang, dengan otot, sendi, dan tulang mengendalikan gerakan mereka .
Anak-anak terpesona dengan pikiran sesuatu yang penting dalam diri mereka . Mereka membuat stetoskop mainan dari saluran dan pipa karet dan bergiliran mencari dan mendengarkan detak jantung mereka. Beberapa mulai menghitung denyut , yang lain menikmati jari di rime dengan suara hati mereka.Jones memiliki anak mensimulasikan cara jantung bekerja dengan melipat tangan onc mereka atas yang lain dan meremas dan melepaskan mereka berirama. (Gerak ini agak seperti cara otot-otot jantung bergerak untuk memperluas dan kontrak jantung, mendorong darah melalui) Dia memiliki mereka menempatkan tangan mereka tergenggam dekat dengan telinga mereka Apa yang Anda dengar di dalam diriku? dan bertanya, "Apa yang kau dengar?" "Apakah ini suara meremas seperti berdebar lembut Anda mendengar melalui stetoskop ?" "Bagaimana itu berbeda?"


DAFTAR PUSTAKA
Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Earlychilhood Education, Preschool Through-Primary Grades 6th Edition.
Click, Phyllis & Kim Karkos. 2007. Administration of Programs for Young Children 7th Edition. Amerika: Express
E. Grossman Klause Ph D, Karin Grossman Ph D& Everett Waters Ph D. 2005. Attachment from Infancy to Adulthood” The Major Longitudinal Studies”. New York: The Guilford Press
E. Berk, Laura. 2001. Awakening Children’s Minds. New York: Oxford University Press
Eliason, Claudia & Loa Jenkins. 2007. A Preactical Guide to Early Chilhood Curriculum 8th Edition. Kong Seoul Singapore Taipei Tokyo: Amerika.
Panitia Sertifikasi Guru Unesa. 2012.  Materi: Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

No comments:

Post a Comment