Tuesday, February 17, 2015

Kapita Selekta: Hasil observasi,foto kegiatan,Contoh surat keterangan telah melakukan observasi



LAPORAN HASIL OBSERVASI
TK ABA SUDIANG



Oleh :

KELOMPOK 2

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

2014


Nama Kelompok:


1.      Ismayanti Muis
2.      Safitri Basri
3.      Anisa Bunga
4.      Ika Ratih Yuli Purnama
5.      Santi
6.      Juliyanti Ahmad


KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan atas rahmat dan berkah Tuhan Yang Maha Kuasa.  Yang mana dengan kemudahan dan karunia-Nya lah kami dapat menyelesaikan tugas laporan observasi ini.
Adapun laporan observasi  ini  kami  susun  guna  memenuhi  persyaratan nilai tugas  dalam  mata  kuliah  Kapita Selekta  di  Fakultas  Ilmu Pendidikan Universitas  Negeri Makassar.
Terima  kasih  juga kami  ucapkan  kepada  dosen  pengampu mata kuliah Kapita Selekta karena  telah  memberikan  kami  tugas  sehingga  menambah  pengetahuan dan pengalaman kami  serta membentuk  kebersamaan dan sinergi  dalam kelompok  kami  ini.  Dan secara khusus kami  juga  mengucapkan  terima kasih  kepada  kedua orang tua kami yang senantiasa memberikan semangat dan dukungan serta do’a yang selalu mengiringi kami.
Kami selaku penyusun sadar akan ketidaksempurnaan dan kekurangan dalam laporan ini baik dalam hal sistem penyusunan maupun hasil observasinya. Oleh sebab itu kami sangat berharap atas kritik dan saran yang membangun guna mengembangkan pengetahuan kita bersama dan penunjang lebih baik lagi untuk laporan observasi selanjutnya.

                                                                                    Makassar,    Desember 2014

                                                                                             Tim Penyusun,
                                                                                          Kelompok 2 (Dua)

PEMBUKAAN

A.    SEJARAH SINGKAT
TK ‘Aba Sudiang berdiri pada tanggal 1 Agustus 1999 yang didirikan oleh yayasan milik Hj. Hasna dan suaminya. Pada awal berdirinya, kegiatan TK ABA Sudiang menempati rumah ibu Hj. Muhannas dan dalam perkembangannya, namun terdapat kendala seperti jumlah murid yang mash sedikit serta fasilitas yang belum terlalu memadai.
Saat ini di tahun ajaran 2014/2015, di usianya yang ke 15 tahun, TK ABA Sudiang memiliki 3 kelas, terdiri atas 1 kelas Kelompok A, 1 kelas TK Kelompok B1 dan 1 kelas TK Kelompok B2 dengan jumlah siswa seluruhnya sejumlah 55 anak dengan tenaga pengajar terdiri dari 1 kepala sekolah dan 4 orang guru.
Lembaga pendidikan anak usia dini yang dianggap ideal adalah yang mampu merangsang perkembangan anak dalam aspek fisik, sosial, emosional dan intelektual, melalui interaksi aktif dengan pendidik, anak-anak lain dan juga melalui bahan-bahan belajar yang telah dipilih secara tepat. TK Aba Sudiang sebagai salah satu lembaga penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Makassar, terus berusaha untuk mengarah menjadi lembaga yang mampu memberikan layanan terbaik bagi anak usia dini dan menyiapkan mereka menjadi generasi yang cerdas, unggul dan berkualitas, generasi yang siap menjawab tantangan zamannya.
Menyadari bahwa semua anak berhak mendapatkan layanan pendidikan tanpa terkecuali (Education for All), dalam perkembangannya TK Aba Sudiang memiliki beberapa siswa yang memerlukan perhatian lebih dari anak-anak yang lain dalam mengikuti proses kegiatan belajar. Anak-anak tersebut kebanyakan mengalami Learning Disorder (gangguan belajar) dalam berbagai bentuk. Dalam rangka memberikan layanan pendidikan yang sama untuk semua siswa, TK Aba Sudiang berusaha menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mencari solusi bentuk pembelajaran dan pendampingan yang tepat, khususnya bagi anak-anak berkebutuhan khusus.


B.     PROFIL SEKOLAH
Nama                               :  TK ABA SUDIANG
Alamat lengkap              :  Jl. Pinrang 7 Sudiang, Makassar
Status Kepemilikan  : Swasta, di bawah pengelolaan Pimpinan Yayasan Aisyiyah  Makassar
Mulai Operasi                 : 1 Agustus 1999
Izin Operasional             : 421.9/5136/DP/IX/2013  Tanggal 12 September 2013
Akreditasi Depdiknas     :  Terakreditasi “B”  (No: 005/BAS-MKS/IV/2004)
Jumlah ruang kelas         : 3 kelas
Jumlah siswa sekarang    : 55 Anak (Klp A= 18 Anak, Klp B1= 18 Anak, Klp B2=19 Anak)
Nama Kepala Sekolah      : Nuraeni Mannan, S.Pd

C.    VISI
Terwujudnya generasi yang Cerdas, Ceria, Sehat, Mandiri dan Islami
Indikator  ketercapaian Visi :
CERDAS             :    1. Ketajaman berfikir
           2. Tangkas dan tanggap
           3. Mudah Mengerti
CERIA                :    1. Wajahnya berseri-seri
          2. Bersinar cerah
          3. Gembira
SEHAT               :    1. Bebas dari Sakit
          2. Rajin berolahraga
          3. Tumbuh dengan makanan bergizi dan lingkungan sehat.
MANDIRI           :    1. Tidak bergantung pada orang lain
2. Terbiasa melayani diri sendiri
3. Dapat berdiri sendiri.
ISLAMI               :    1. Akhlakul karimah
2. Tertib beribadah
3. Rajin mengaji
D.     MISI 
  1. Mengembangkan pembiasaan yang baik melalui pembelajaran yang islami
  2. Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestetis dan sosial dengan menggunakan pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
  3. Mengembangkan potensi diri dengan penuh keceriaan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan
  4. Menyiapkan anak didik untuk menjadi anak yang sehat secara fisik dan psikhis melalui kegiatan olah raga, penyiapan makanan dan minuman sehat dan bergizi, pemeriksaan kesehatan dan layanan konsultasi.
  5. Memberi kesempatan anak didik untuk berani melakukan berbagai kegiatan agar terbiasa melayani diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain.
            .

E. KESIMPULAN KEGIATAN
Dari hasil pengamatan saya di TK ABA SUDIANG ,kami dapat memberikan informasi yaitu jumlah murid di TK ABA SUDIANG adalah
Kelompok A   terdiri dari 8   laki-laki dan 10 perempuan
Kelompok B1 terdiri dari 11 laki-laki dan 7   perempuan
Kelompok B2 terdiri dari 7   laki-laki dan 12 perempuan


Dan Kami mengobservasi kelas B1 yang dibimbing oleh guru yang bernama Nuraeni Mannan, S.Pd .inilah kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran. Kami memulai observasi pada pukul 08.00.

1.      Diluar kelas

Terdiri dari mainan seperti ayunan, pelosotan, permainan balok-balok kecil, dan lain-lain. Alat permainan yang diletakkan di luar kelas (taman) dapat melatih kemampuan motorik murid karena ada alat permainan yang mengharuskan anak memanjat, menjaga keseimbangan tubuh, dan lain-lain.
Di luar kelas Di  bagian kantor terdapat sofa untuk para orang tua murid yang hendak menunggu anaknya dan di depan kelas ada rak-rak sepatu dimana anak diwajibkan untuk melepaskan sepatu dan menyusun sepatu mereka sebelum mereka masuk ke dalam kelas. Secara tidak langsung, hal ini mengajarkan disiplin kepada anak. Awal proses belajar Pada Kegiatan  awal pukul 08.00 lonceng berbunyi dan dimulai dengan anak anak berkumpul dilapangan,berbaris dan bersiap-siap lancang depan lepas.Dan kemudian diawali dengan mengucapkan salam.
“assalammualaikum warahmatullahiwabarakatu”
Artinya: selamat atas kamu dan diberi rahmat serta berkah oleh Allah
 kemudian anak anak mengucapkan  dua kalimat  syahadat (kepala ditundukan).
“asyhaduallah illahaillallah wa asyhaduanna muhammadarasulullah”
Artinya: aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah rasul utusan Allah.
Dan pembacaan ini dibimbing oleh guru-guru.kemudian setelah membaca kalimat syahadat itu anak-anak membaca surat al-alaq dan kemudian anak-anak membaca surat ad-dhuha. Setelah itu anak-anak membaca ayat kursi dan setelah membaca ayat kursi anak-anak membaca iqrar dan Tampungkan tangan membaca “iqrar”
“radhitubilla hirabba wabil islamidina.wabil muhammadi nabi ya warasulla wabil qur’ani imama walhukma.rabbizidni ilma warzuknni fahma”.
Artinya: aku rela Allah tuhanku dan aku rela islam agamaku dan aku rela nabi muhammad adalah rasulku dan aku rela alquran sebagai pedoman dan penuntun ku.ya allah ya tuhanku tambah lah ilmu ku dan pertinggilah kecerdasan ku,perkenankanlah ya Allah.
Setelah itu anak-anak kemudian bernyanyi bersama yang berjudul “seragam TK aisyiyah” yaitu:
“wahai putra putri tk bustano athfal
Mari kita kemari bermain,bernyanyi dan bersenang hati
Dengan wajah yang berseri
Pakaian hijau kuning itu seragam kita
Alangkah gagahnya
Itulah TK ABA SUDIANG ”
Kemudian nyanyi “taman yang paling indah” yaitu:
“taman yang paling indah,hanya taman kami
Taman yang paling indah,hanya taman kami.
Tempat bermain bersenda gurau.
Itulah taman kami,taman kanak-kanak.
Setelah itu Menyanyi yang berjudul “ bila aku senang” sambil menggerakkan tubuh yaitu:
Bila aku senang  2x
Ku ucapkan alhamdulillah
bIla aku kagum 2x
ku ucapkan subhanallah
bila aku salah 2x
ku ucapkan astagfirullahal’azim
bila aku susah 2x
ku ucapkan hasbunallah
dan kemudian anak anak menyanyi  dengan  gembira yang berjudul “gembira berkumpul” dengan menggerakkan tangan dan kepalanya  yaitu:
“ayo kawan ayo kawan berkumpul,berkumpul bersenang senang semuanya.
Jangan segan jangan segan bersama bernyanyi bergembira.
Tepuk tangan ”prok prok prok” 2x
Tepuk tangan semuanya bergembira”
Setelah itu,guru memberikan aba-aba bersiap jalan ditempat kepada anak,kemudian memegang bahu teman dan anak-anak  jalan masuk ke kelas masing-masing.
2.      Di dalam kelas
Didalam kelas terdapat gambar-gambar dan poster binatang, buah-buahan, huruf, angka dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dan dilengkapi juga dengan jam dinding, tempat sampah, kipas angin, dan rak tempat penyimpanan tas anak-anak.
Untuk membantu anak dalam proses belajar, di dalam kelas terdapat satu white board. Di dekat white board diletakkan sebuah lemari yang berfungsi untuk menyimpan buku-buku murid, buku-buku pelajaran, serta peralatan tulis guru. Ada 16 meja persegi dimana setiap kursi berada di sisi meja sehingga totalnya ada 16 (enam belas) kursi, satu meja guru. Dinding kelas, meja dan kursi murid dicat dengan warna-wana terang yang dapat meningkatkan minat dan motivasi anak dalam prosesbelajar. pada saat didalam kelas,setelah itu anak anak masuk kekelas  dengan mengucapkan salam dan guru mempersilahkan anak-anak duduk.Kemudian guru mengabsen anak-anak satu persatu.guru memulai pelajaran dengan merangsang anak-anak untuk menyebutkan nama hari,tanggal,bulan dan tahun pada hari tersebut.Kemudian setelah itu anak-anak disuruh menyebutkan macam macam rukun islam yaitu:
Membaca 2 kalimat syahadat
Sholat 5 waktu sehari semalam
Puasa dibulan ramadhan
Membayar zakat
Naik haji bagi yang mampu
Dan kemudian anak-anak disuruh menyebutkan  rukun iman,yaitu:
Iman kepada Allah
Iman kepada malaikat
Iman kepada nabi dan rasul
Iman kepada kitab Allah
Iman kepada hari kiamat
Iman kepada qada dan qadar
Dikarenakan tema pada hari itu sudah habis,guru hanya memberikan pengayaan dan mengulang-ulang pelajaran.yaitu pengayaan membaca dan menulis.anak-anak membaca dan menulis pada saat itu,dan guru melakukan evaluasi setiap anak,ejauh mana kemampuan anak.Setelah itu jam 09.30 anak-anak istirahat,anak-anak bermain bebas dihalaman dan guru mengawasinya.Kemudian jam 10.00 masuk kekelas,sebelum masuk kekelas anak-anak cuci tangan secara bergantian dan mauk kekelas dan mempersiapkan diri dan duduk untuk makan,kemudian anak-anak berdoa sebelum dan sesudah makan dan dibimbing oleh guru.yang doanya adalah
•  Do’a Sebelum Makan :  "Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaar.   Bismillahirrahmaaniraahiim."     Artinya : "Ya Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (HR. Ibnu as-Sani)
•  Do’a Sesudah Makan:  "Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiina". Artinya : Segala puji bagi Allah Yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim. (HR. Abu Daud). 
Dan setelah itu anak anak kembali bernyanyi dengan lagu lagu yang telah diperkenalkan oleh guru.kemudian setelah itu anak anak keluar kelas dan kumpul dilapangan.pada Jam 11.00 kegiatan pengembangan fisik motoriknya ,ada anak-anak  yang menari.dan melakukan aktifitas lain.ada anak anak latihan tari persembahan,tari masal dan tari cindai.
Itulah laporan  hasil pengamatan kami di TK ABA SUDIANG pada hari senin tanggal 24 November 2014.
F.  METODE PEMBELAJARAN
            TK ABA SUDIANG menerapkan metode pembelajaran secara kelompok karena bangunan yang kurang memadai sehingga hanya mampu menerapkan model pembelajaranh ini.
G. TEMA
“TANAMAN”
H. SUB TEMA
“Sayuran”
I. ALOKASI WAKTU
“3 minggu”
J. KURIKULUM
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelaja ran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Kurikulum TK ABA SUDIANG yang digunakan saat ini adalah Kurikulum TK 2004,yaitu menggunakan RKH dan RKM. Dokumentasi kurikulum 2004 taman kanak- kanak dan raudlatul athfal terdiri atas kerangka dasar standar kompetensi taman kanak- kanak dan raudlatul athfal. Taman kanak-kanak adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan progam pendidikan bagi anak usia empat tahun sampai enam tahun.  Raudlatul Athfal adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan progam pendidikan umum dan pendidikan keagamaan islam bagi anak berusia empat tahun sampai enam tahun.  Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) adalah kurikulum yang seperti namanya didasari oleh kompetensi. Kompetensi sendiri adalah pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak secara terus-menerus dan konsisten.

Lampiran
Daftar pertanyaan yang di ajukan kepada salah satu guru TK ABA SUDIANG
1.      Bolehkah kami mengetahui sedikit tentang sejarah sekolah ini bu? Seperti kapan berdirinya? Siapa saja yang berperan penting dalam pembangunan sekolah ini?
Jawaban : Sekolah ini pertama kali dicetuskan dari ide Ibu Hj. Hasna dan suaminya selaku pemilik yayasan pada tahun 1999,kemudian Ibu Hj. Muhannas juga turut berperan penting dalam pendirian sekolah ini .
2.      Adakah kendala-kendala yang tertentu saat pembangunan sekolah ini?
Jawaban: tentu saja ada, seperti jumlah murid atau anak didik yang masih sedikit dan fasilitas pembelajaran yang kurang memadai.
3.      Pada saat awal pembangunan sekolah,berapa jumlah guru yang mengajar disekolah ini?
Jawaban: pada saat itu ada 2 orang
4.      Lalu untuk saat ini berapa jumlah gurunya? Dan jumlah anak didiknya juga?
Jawaban: jumlah guru pada saat ini yaitu 5 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan 4 orang guru honorer.kalau jumlah anak didiknya saat ini terdiri dari 55 anak,kelompok A terdiri dari 18 anak, kelompok B1 sebanyak 18 anak dan kelompok B2 sebanyak 19 anak.
5.      Kalau jumlah ruang kelasnya bu ada berapa? Kemudian apakan ada WC/sumber air?
Jawaban: untuk ruangan kelas ada 3 ruangan dan 1 kantor serta terdapat 2 WC.
6.      Ibu seperti halnya saat ini sudah ada kurikulum 2013, lalu bagaim an apenerapan kurikulum tersebut sudah baik?
Jawaban: kalau disini untuk saat ini belum menggunakan kurikulum 2013 karena belum diresmikan, hanya saja sudah ada bahan pembelajarannya namun untuk penerapannya belum dilaksanakan,jadi sampai saat ini sekolah ini masih menggunakan KTSP.
7.      Ibu bisa menguraikan sedikit tujmuan dari kurikulum itu sendiri?
Jawaban : kurikulum itu nak tujuannya sebagai acuan atau panduan dalam memprogramkan pembelajaran semester,nah dari kurikulum ini kita bisa membuat yang namanya RKH (Rencana Kegiatan  Harian) dan RKM (Rencana Kegiatan Mingguan).
8.      Apakah pernah tujuan dari kurikulum itu tidak tercapaqi?
Jawaban: tentu ada yang tidak, namun ada istilah remedial dalam RKH sebagai pengulangan atau mengoreksi hal-hal yang dianggap belum bisa di capai. Dari evaluasi kita bisa menentukan anak itu masih kurang atau belum terlalu menguasai indicator yang di berikan
9.      Biasanya evaluasi pada anak itu dalam bentuk apa bu?
Jawaban: dalam bentuk penilaian guru,misalnya pada hari ini indicatornya menggambar bebas kita lihat mana anak yang penuh kreasi mana anak yang masih kurang . lalu bisa kita masukkan di buku laporan hasil belajar.
10.  Dulu kan namanya SKH bu tapi sekarang RKH,apa perbedaan diantara keduanya?
Jawaban: Kalau SKH itu kan satuan kegiatan harian jadi indicator apa saja yang telah dibuat itu harus diterapkan kalau RKH atau rencana kegiatan harian itu baru rencana bisa dilaksanakan bisa juga tidak.
11.  Model pembelajaran yang di terapkan disini bu metode apa? Apakah sentra,sudut,kelompok atau area?
Jawaban: kalau disini menerapkan model kelompok karena disesuaikan dengan keadaan ruangan yang tidak terlalu luas.
12.  Bagaimana dengan fasilitas pembelajarannya bu? Apakah sudah lengkap untuk saat in?
Jawaban: kalau dikatakan lengkap sepertinya belum hanya saja dapat dikatakan sudah memadai, setidaknya bisa menunjang proses pembelajaran.
13.  Alat permainan apa saja yang ada dalam ruangan bu?
Jawaban: ada puzzle yang berfungsi mengembangkan kemampuan kognitif, ada bola besar bola kecil untuk melatih motoric kasar, alat gambar, pewarna untuk melatih motoric halus dan masih banyak lagi.




Berikut beberapa gambar yang kami ambil selama observasi.
1.   Lokasi Bermain

2.       Alat Permainan Luar







3.       Proses belajar
4.       Alat permainan Dalam











WC TK Aba Sudiang


Kegiatan Mencuci Tangan











Berbagai Prestasi TK Aba Sudiang

Tenaga Pendidik TK Aba Sudiang


Foto Bersama Tim observasi dengan Tenaga Pendidik TK Aba Sudiang


      
SURAT PERNYATAAN
  

Yang bertanda tangan dibawah ini  atas nama kepala TK ABA SUDIANG:
Nama                           : NURAENI MANNAN, S.Pd
Jabatan                        : KEPALA TK
Alamat                         : JALAN PINRANG 7 SUDIANG, MAKASSAR

Membenarkan bahwa nama-nama yang tercantum di bawah ini
1.      Ika Ratih Yuli Purnama
2.      Safitri Basri
3.      Juliyanti Ahmad
4.      Ismayanti Muis
5.      Anisa Bunga
6.      Santi
Mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar pernah melakukan observasi di TK ABA SUDIANG pada hari Senin,24 November 2014 untuk memenuhi tugas mata kuliah Kapita Selekta Anak Usia Dini
Demikian surat ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Makassar, 24 November 2014
Kepala TK ABA SUDIANG

  NURAENI MANNAN, S. Pd

No comments:

Post a Comment