LAPORAN
HASIL OBSERVASI
TK
ABA SUDIANG
Oleh
:
KELOMPOK
2
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2014
Nama
Kelompok:
1. Ismayanti Muis
2. Safitri Basri
3. Anisa Bunga
4. Ika Ratih Yuli Purnama
5. Santi
6. Juliyanti Ahmad
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami haturkan atas rahmat dan berkah Tuhan Yang Maha Kuasa. Yang mana dengan kemudahan dan karunia-Nya
lah kami dapat menyelesaikan tugas laporan observasi ini.
Adapun
laporan observasi ini kami
susun guna memenuhi
persyaratan nilai tugas
dalam mata kuliah
Kapita Selekta di Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Makassar.
Terima kasih
juga kami ucapkan kepada
dosen pengampu mata kuliah Kapita
Selekta karena telah memberikan
kami tugas sehingga
menambah pengetahuan dan
pengalaman kami serta membentuk kebersamaan dan sinergi dalam kelompok kami
ini. Dan secara khusus kami juga
mengucapkan terima kasih kepada
kedua orang tua kami yang senantiasa memberikan semangat dan dukungan
serta do’a yang selalu mengiringi kami.
Kami
selaku penyusun sadar akan ketidaksempurnaan dan kekurangan dalam laporan ini
baik dalam hal sistem penyusunan maupun hasil observasinya. Oleh sebab itu kami
sangat berharap atas kritik dan saran yang membangun guna mengembangkan
pengetahuan kita bersama dan penunjang lebih baik lagi untuk laporan observasi
selanjutnya.
Makassar, Desember 2014
Tim Penyusun,
Kelompok 2 (Dua)
PEMBUKAAN
A. SEJARAH SINGKAT
TK
‘Aba Sudiang berdiri pada tanggal 1 Agustus 1999 yang didirikan oleh yayasan milik Hj. Hasna dan suaminya. Pada
awal berdirinya, kegiatan TK ABA Sudiang menempati rumah ibu Hj. Muhannas dan
dalam perkembangannya, namun terdapat kendala seperti jumlah murid yang mash
sedikit serta fasilitas yang belum terlalu memadai.
Saat
ini di tahun ajaran 2014/2015, di usianya yang ke 15 tahun, TK ABA Sudiang
memiliki 3 kelas, terdiri atas 1 kelas Kelompok A, 1 kelas TK Kelompok B1 dan 1
kelas TK Kelompok B2 dengan jumlah siswa seluruhnya sejumlah 55 anak dengan
tenaga pengajar terdiri dari 1 kepala sekolah dan 4 orang guru.
Lembaga
pendidikan anak usia dini yang dianggap ideal adalah yang mampu merangsang
perkembangan anak dalam aspek fisik, sosial, emosional dan intelektual, melalui
interaksi aktif dengan pendidik, anak-anak lain dan juga melalui bahan-bahan
belajar yang telah dipilih secara tepat. TK Aba Sudiang sebagai salah satu
lembaga penyelenggara Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Makassar, terus
berusaha untuk mengarah menjadi lembaga yang mampu memberikan layanan terbaik
bagi anak usia dini dan menyiapkan mereka menjadi generasi yang cerdas, unggul
dan berkualitas, generasi yang siap menjawab tantangan zamannya.
Menyadari
bahwa semua anak berhak mendapatkan layanan pendidikan tanpa terkecuali (Education
for All), dalam perkembangannya TK Aba Sudiang memiliki beberapa siswa yang
memerlukan perhatian lebih dari anak-anak yang lain dalam mengikuti proses
kegiatan belajar. Anak-anak tersebut kebanyakan mengalami Learning Disorder
(gangguan belajar) dalam berbagai bentuk. Dalam rangka memberikan layanan
pendidikan yang sama untuk semua siswa, TK Aba Sudiang berusaha menjalin
kerjasama dengan berbagai pihak untuk mencari solusi bentuk pembelajaran dan pendampingan
yang tepat, khususnya bagi anak-anak berkebutuhan khusus.
B.
PROFIL SEKOLAH
Nama : TK
ABA SUDIANG
Alamat lengkap
: Jl. Pinrang
7 Sudiang, Makassar
Status Kepemilikan : Swasta, di bawah pengelolaan
Pimpinan Yayasan Aisyiyah Makassar
Mulai Operasi
: 1 Agustus 1999
Izin Operasional
: 421.9/5136/DP/IX/2013 Tanggal 12 September
2013
Akreditasi Depdiknas : Terakreditasi “B” (No:
005/BAS-MKS/IV/2004)
Jumlah ruang kelas
: 3 kelas
Jumlah siswa sekarang :
55 Anak (Klp A= 18 Anak, Klp B1= 18 Anak, Klp B2=19 Anak)
Nama Kepala Sekolah
: Nuraeni Mannan, S.Pd
C.
VISI
Terwujudnya generasi yang Cerdas,
Ceria, Sehat, Mandiri dan Islami
Indikator ketercapaian Visi :
CERDAS
: 1. Ketajaman berfikir
2. Tangkas dan tanggap
3. Mudah
Mengerti
CERIA
: 1. Wajahnya berseri-seri
2. Bersinar cerah
3. Gembira
SEHAT
:
1. Bebas dari Sakit
2. Rajin berolahraga
3. Tumbuh
dengan makanan bergizi dan lingkungan sehat.
MANDIRI
:
1. Tidak bergantung pada orang lain
2. Terbiasa melayani diri sendiri
3. Dapat berdiri sendiri.
ISLAMI
: 1. Akhlakul karimah
2. Tertib beribadah
3. Rajin mengaji
D. MISI
- Mengembangkan pembiasaan yang baik melalui pembelajaran yang islami
- Mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, kinestetis dan sosial dengan menggunakan pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.
- Mengembangkan potensi diri dengan penuh keceriaan dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan
- Menyiapkan anak didik untuk menjadi anak yang sehat secara fisik dan psikhis melalui kegiatan olah raga, penyiapan makanan dan minuman sehat dan bergizi, pemeriksaan kesehatan dan layanan konsultasi.
- Memberi kesempatan anak didik untuk berani melakukan berbagai kegiatan agar terbiasa melayani diri sendiri dan tidak bergantung pada orang lain.
.
E. KESIMPULAN KEGIATAN
Dari hasil pengamatan saya di TK ABA
SUDIANG ,kami dapat memberikan informasi yaitu jumlah murid di TK ABA SUDIANG
adalah
Kelompok
A terdiri dari 8 laki-laki dan 10 perempuan
Kelompok
B1 terdiri dari 11 laki-laki dan 7 perempuan
Dan Kami mengobservasi kelas B1 yang
dibimbing oleh guru yang bernama Nuraeni Mannan, S.Pd .inilah kegiatan yang
dilakukan selama pembelajaran. Kami memulai observasi pada pukul 08.00.
1. Diluar kelas
Terdiri dari mainan seperti ayunan,
pelosotan, permainan balok-balok kecil, dan lain-lain. Alat permainan yang
diletakkan di luar kelas (taman) dapat melatih kemampuan motorik murid karena
ada alat permainan yang mengharuskan anak memanjat, menjaga keseimbangan tubuh,
dan lain-lain.
Di luar kelas Di bagian kantor terdapat sofa untuk para orang
tua murid yang hendak menunggu anaknya dan di depan kelas ada rak-rak sepatu
dimana anak diwajibkan untuk melepaskan sepatu dan menyusun sepatu mereka
sebelum mereka masuk ke dalam kelas. Secara tidak langsung, hal ini mengajarkan
disiplin kepada anak. Awal proses belajar Pada Kegiatan awal pukul 08.00
lonceng berbunyi dan dimulai dengan anak anak berkumpul dilapangan,berbaris dan
bersiap-siap lancang depan lepas.Dan kemudian diawali dengan mengucapkan salam.
“assalammualaikum
warahmatullahiwabarakatu”
Artinya: selamat atas kamu dan
diberi rahmat serta berkah oleh Allah
kemudian anak anak
mengucapkan dua kalimat syahadat (kepala ditundukan).
“asyhaduallah illahaillallah wa
asyhaduanna muhammadarasulullah”
Artinya: aku bersaksi bahwa tiada
tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa nabi muhammad adalah rasul utusan
Allah.
Dan pembacaan ini dibimbing oleh
guru-guru.kemudian setelah membaca kalimat syahadat itu anak-anak membaca surat
al-alaq dan kemudian anak-anak membaca surat ad-dhuha. Setelah itu anak-anak
membaca ayat kursi dan setelah membaca ayat kursi anak-anak membaca iqrar dan
Tampungkan tangan membaca “iqrar”
“radhitubilla hirabba wabil
islamidina.wabil muhammadi nabi ya warasulla wabil qur’ani imama
walhukma.rabbizidni ilma warzuknni fahma”.
Artinya: aku rela Allah tuhanku dan
aku rela islam agamaku dan aku rela nabi muhammad adalah rasulku dan aku rela
alquran sebagai pedoman dan penuntun ku.ya allah ya tuhanku tambah lah ilmu ku
dan pertinggilah kecerdasan ku,perkenankanlah ya Allah.
Setelah itu anak-anak kemudian
bernyanyi bersama yang berjudul “seragam TK aisyiyah” yaitu:
“wahai putra putri tk bustano athfal
Mari kita kemari bermain,bernyanyi
dan bersenang hati
Dengan wajah yang berseri
Pakaian hijau kuning itu seragam
kita
Alangkah gagahnya
Itulah TK ABA SUDIANG ”
Kemudian nyanyi “taman yang paling
indah” yaitu:
“taman yang paling indah,hanya taman
kami
Taman yang paling indah,hanya taman
kami.
Tempat bermain bersenda gurau.
Itulah taman kami,taman kanak-kanak.
Setelah itu Menyanyi yang berjudul “
bila aku senang” sambil menggerakkan tubuh yaitu:
Bila aku senang 2x
Ku ucapkan alhamdulillah
bIla aku kagum 2x
ku ucapkan subhanallah
bila aku salah 2x
ku ucapkan astagfirullahal’azim
bila aku susah 2x
ku ucapkan hasbunallah
dan kemudian anak anak
menyanyi dengan gembira yang berjudul “gembira berkumpul” dengan
menggerakkan tangan dan kepalanya yaitu:
“ayo kawan ayo kawan
berkumpul,berkumpul bersenang senang semuanya.
Jangan segan jangan segan bersama
bernyanyi bergembira.
Tepuk tangan ”prok prok prok” 2x
Tepuk tangan semuanya bergembira”
Setelah itu,guru memberikan aba-aba
bersiap jalan ditempat kepada anak,kemudian memegang bahu teman dan
anak-anak jalan masuk ke kelas masing-masing.
2.
Di dalam kelas
Didalam
kelas terdapat gambar-gambar dan poster binatang, buah-buahan, huruf, angka
dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Dan dilengkapi juga dengan jam
dinding, tempat sampah, kipas angin, dan rak tempat penyimpanan tas anak-anak.
Untuk membantu anak dalam proses belajar, di dalam kelas terdapat satu white board. Di dekat white board diletakkan sebuah lemari yang berfungsi untuk menyimpan buku-buku murid, buku-buku pelajaran, serta peralatan tulis guru. Ada 16 meja persegi dimana setiap kursi berada di sisi meja sehingga totalnya ada 16 (enam belas) kursi, satu meja guru. Dinding kelas, meja dan kursi murid dicat dengan warna-wana terang yang dapat meningkatkan minat dan motivasi anak dalam prosesbelajar. pada saat didalam kelas,setelah itu anak anak masuk kekelas dengan mengucapkan salam dan guru mempersilahkan anak-anak duduk.Kemudian guru mengabsen anak-anak satu persatu.guru memulai pelajaran dengan merangsang anak-anak untuk menyebutkan nama hari,tanggal,bulan dan tahun pada hari tersebut.Kemudian setelah itu anak-anak disuruh menyebutkan macam macam rukun islam yaitu:
Untuk membantu anak dalam proses belajar, di dalam kelas terdapat satu white board. Di dekat white board diletakkan sebuah lemari yang berfungsi untuk menyimpan buku-buku murid, buku-buku pelajaran, serta peralatan tulis guru. Ada 16 meja persegi dimana setiap kursi berada di sisi meja sehingga totalnya ada 16 (enam belas) kursi, satu meja guru. Dinding kelas, meja dan kursi murid dicat dengan warna-wana terang yang dapat meningkatkan minat dan motivasi anak dalam prosesbelajar. pada saat didalam kelas,setelah itu anak anak masuk kekelas dengan mengucapkan salam dan guru mempersilahkan anak-anak duduk.Kemudian guru mengabsen anak-anak satu persatu.guru memulai pelajaran dengan merangsang anak-anak untuk menyebutkan nama hari,tanggal,bulan dan tahun pada hari tersebut.Kemudian setelah itu anak-anak disuruh menyebutkan macam macam rukun islam yaitu:
Membaca 2 kalimat syahadat
Sholat 5 waktu sehari semalam
Puasa dibulan ramadhan
Membayar zakat
Naik haji bagi yang mampu
Dan kemudian anak-anak disuruh
menyebutkan rukun iman,yaitu:
Iman kepada Allah
Iman kepada malaikat
Iman kepada nabi dan rasul
Iman kepada kitab Allah
Iman kepada hari kiamat
Iman kepada qada dan qadar
Dikarenakan tema pada hari itu sudah
habis,guru hanya memberikan pengayaan dan mengulang-ulang pelajaran.yaitu
pengayaan membaca dan menulis.anak-anak membaca dan menulis pada saat itu,dan
guru melakukan evaluasi setiap anak,ejauh mana kemampuan anak.Setelah itu jam
09.30 anak-anak istirahat,anak-anak bermain bebas dihalaman dan guru
mengawasinya.Kemudian jam 10.00 masuk kekelas,sebelum masuk kekelas anak-anak
cuci tangan secara bergantian dan mauk kekelas dan mempersiapkan diri dan duduk
untuk makan,kemudian anak-anak berdoa sebelum dan sesudah makan dan dibimbing
oleh guru.yang doanya adalah
• Do’a Sebelum Makan :
"Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa
‘adzaa-bannaar.
Bismillahirrahmaaniraahiim." Artinya : "Ya
Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan
peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi
Maha Penyayang. (HR. Ibnu as-Sani)
• Do’a Sesudah Makan:
"Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa
muslimiina". Artinya : Segala puji bagi Allah Yang telah memberi kami
makan dan minum, serta menjadikan kami muslim. (HR. Abu Daud).
Dan setelah itu anak anak kembali
bernyanyi dengan lagu lagu yang telah diperkenalkan oleh guru.kemudian setelah
itu anak anak keluar kelas dan kumpul dilapangan.pada Jam 11.00 kegiatan
pengembangan fisik motoriknya ,ada anak-anak yang menari.dan melakukan
aktifitas lain.ada anak anak latihan tari persembahan,tari masal dan tari
cindai.
Itulah laporan hasil
pengamatan kami di TK ABA SUDIANG pada hari senin tanggal 24 November 2014.
F. METODE PEMBELAJARAN
TK
ABA SUDIANG menerapkan metode pembelajaran secara kelompok karena bangunan yang
kurang memadai sehingga hanya mampu menerapkan model pembelajaranh ini.
G. TEMA
“TANAMAN”
H. SUB TEMA
“Sayuran”
I. ALOKASI WAKTU
“3 minggu”
J. KURIKULUM
Kurikulum adalah seperangkat rencana
dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelaja ran untuk mencapai
tujuan pendidikan tertentu.Kurikulum TK ABA SUDIANG yang digunakan saat ini adalah
Kurikulum TK 2004,yaitu menggunakan RKH dan RKM. Dokumentasi kurikulum 2004
taman kanak- kanak dan raudlatul athfal terdiri atas kerangka dasar standar
kompetensi taman kanak- kanak dan raudlatul athfal. Taman kanak-kanak adalah
salah satu bentuk satuan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal
yang menyelenggarakan progam pendidikan bagi anak usia empat tahun sampai enam
tahun. Raudlatul Athfal adalah salah satu bentuk satuan pendidikan anak
usia dini pada jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan progam pendidikan
umum dan pendidikan keagamaan islam bagi anak berusia empat tahun sampai enam
tahun. Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) adalah kurikulum yang seperti
namanya didasari oleh kompetensi. Kompetensi sendiri adalah pengetahuan,
keterampilan dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berfikir
dan bertindak secara terus-menerus dan konsisten.
Lampiran
Daftar
pertanyaan yang di ajukan kepada salah satu guru TK ABA SUDIANG
1.
Bolehkah
kami mengetahui sedikit tentang sejarah sekolah ini bu? Seperti kapan
berdirinya? Siapa saja yang berperan penting dalam pembangunan sekolah ini?
Jawaban
: Sekolah ini pertama kali dicetuskan dari ide Ibu Hj. Hasna dan suaminya
selaku pemilik yayasan pada tahun 1999,kemudian Ibu Hj. Muhannas juga turut
berperan penting dalam pendirian sekolah ini .
2.
Adakah
kendala-kendala yang tertentu saat pembangunan sekolah ini?
Jawaban:
tentu saja ada, seperti jumlah murid atau anak didik yang masih sedikit dan
fasilitas pembelajaran yang kurang memadai.
3.
Pada
saat awal pembangunan sekolah,berapa jumlah guru yang mengajar disekolah ini?
Jawaban: pada saat itu ada 2 orang
4.
Lalu
untuk saat ini berapa jumlah gurunya? Dan jumlah anak didiknya juga?
Jawaban:
jumlah guru pada saat ini yaitu 5 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah dan
4 orang guru honorer.kalau jumlah anak didiknya saat ini terdiri dari 55
anak,kelompok A terdiri dari 18 anak, kelompok B1 sebanyak 18 anak dan kelompok
B2 sebanyak 19 anak.
5.
Kalau
jumlah ruang kelasnya bu ada berapa? Kemudian apakan ada WC/sumber air?
Jawaban: untuk ruangan kelas ada 3 ruangan dan 1
kantor serta terdapat 2 WC.
6.
Ibu
seperti halnya saat ini sudah ada kurikulum 2013, lalu bagaim an apenerapan
kurikulum tersebut sudah baik?
Jawaban:
kalau disini untuk saat ini belum menggunakan kurikulum 2013 karena belum
diresmikan, hanya saja sudah ada bahan pembelajarannya namun untuk penerapannya
belum dilaksanakan,jadi sampai saat ini sekolah ini masih menggunakan KTSP.
7.
Ibu
bisa menguraikan sedikit tujmuan dari kurikulum itu sendiri?
Jawaban
: kurikulum itu nak tujuannya sebagai acuan atau panduan dalam memprogramkan
pembelajaran semester,nah dari kurikulum ini kita bisa membuat yang namanya RKH
(Rencana Kegiatan Harian) dan RKM
(Rencana Kegiatan Mingguan).
8.
Apakah
pernah tujuan dari kurikulum itu tidak tercapaqi?
Jawaban:
tentu ada yang tidak, namun ada istilah remedial dalam RKH sebagai pengulangan
atau mengoreksi hal-hal yang dianggap belum bisa di capai. Dari evaluasi kita
bisa menentukan anak itu masih kurang atau belum terlalu menguasai indicator
yang di berikan
9.
Biasanya
evaluasi pada anak itu dalam bentuk apa bu?
Jawaban:
dalam bentuk penilaian guru,misalnya pada hari ini indicatornya menggambar
bebas kita lihat mana anak yang penuh kreasi mana anak yang masih kurang . lalu
bisa kita masukkan di buku laporan hasil belajar.
10. Dulu kan namanya SKH bu tapi sekarang
RKH,apa perbedaan diantara keduanya?
Jawaban:
Kalau SKH itu kan satuan kegiatan harian jadi indicator apa saja yang telah
dibuat itu harus diterapkan kalau RKH atau rencana kegiatan harian itu baru
rencana bisa dilaksanakan bisa juga tidak.
11. Model pembelajaran yang di terapkan
disini bu metode apa? Apakah sentra,sudut,kelompok atau area?
Jawaban:
kalau disini menerapkan model kelompok karena disesuaikan dengan keadaan
ruangan yang tidak terlalu luas.
12. Bagaimana dengan fasilitas
pembelajarannya bu? Apakah sudah lengkap untuk saat in?
Jawaban:
kalau dikatakan lengkap sepertinya belum hanya saja dapat dikatakan sudah
memadai, setidaknya bisa menunjang proses pembelajaran.
13. Alat permainan apa saja yang ada dalam
ruangan bu?
Jawaban:
ada puzzle yang berfungsi mengembangkan kemampuan kognitif, ada bola besar bola
kecil untuk melatih motoric kasar, alat gambar, pewarna untuk melatih motoric
halus dan masih banyak lagi.
Berikut beberapa gambar yang kami ambil selama observasi.
1. Lokasi Bermain
2. Alat Permainan Luar
3. Proses belajar
4. Alat permainan Dalam
WC TK Aba
Sudiang
Kegiatan
Mencuci Tangan
Berbagai
Prestasi TK Aba Sudiang
Tenaga
Pendidik TK Aba Sudiang
Foto
Bersama Tim observasi dengan Tenaga Pendidik TK Aba Sudiang
SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan
dibawah ini atas nama kepala TK ABA
SUDIANG:
Nama :
NURAENI MANNAN, S.Pd
Jabatan :
KEPALA TK
Alamat :
JALAN PINRANG 7 SUDIANG, MAKASSAR
Membenarkan bahwa nama-nama yang tercantum di bawah
ini
1.
Ika
Ratih Yuli Purnama
2.
Safitri
Basri
3.
Juliyanti
Ahmad
4.
Ismayanti
Muis
5.
Anisa
Bunga
6.
Santi
Mahasiswa jurusan
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Makassar pernah melakukan observasi di TK ABA SUDIANG pada hari Senin,24
November 2014 untuk memenuhi tugas mata kuliah Kapita Selekta Anak Usia Dini
Demikian surat ini
kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Makassar,
24 November 2014
Kepala TK
ABA SUDIANG
NURAENI MANNAN, S. Pd
No comments:
Post a Comment