Pertemuan 1 :
Pendahuluan
Manusia
bersifat khusus karena berkembang, bertambah besar, makan, istirahat,
melahirkan, dan berkembang biak, menjaga dan membela dirinya, merasa kekurangan
dan membutuhkan orang lain.
Sifat hakekat
manusia yaitu :
-makhluk
utama
-kemauan
bebas
-makhluk
yang sadar
-sadar
diri
-kreatif
-idealis
-Moralis
-utama
dalam dunia alami
Manusia itu adalah:
1.
Makhluk
yang memiliki tenaga yang dapat menggerakkan hidup
2.
Memiliki
sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial
3.
Mengarahkan
dirinya ke tujuan disiplin
4.
Berkembang
dan terus berkembang
5.
Hidupnya
selalu melibatkan dirinya
6.
Memiliki
potensi
7.
Makhluk
Tuhan yang berarti
8.
Individu
yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan
Sumaryo
( Pikiran Rakyat, 22 April 2012) dalam tulisannya yang berjudul pedagogik
kedamaian menyampaikan bahwa pendidikan adalah proyek penyadaran tentang makna
menjadi manusia dan bagaimana seharusnya berinteraksi dengan alam dan makhluk
lainnya.
Prinsip-prinsip pendidikan meliputi :
1.
Pendidikan
kedamaian tidak harus berbentuk mata pelajaran khusus.
2.
Pendidikan
kedamaian adalah usaha sadar semua pihak dalam mengubah cara-cara menyelesaikan
masalah sehingga tidak mengganggu keutuhan sosial dan keadilan.
3.
Bagaimana
cara manusia hidup yang baik terdefinisikan dengan budaya.
4.
Hal
yang mendasar dalam pendidikan kedamaian adalah komitmen guru dalam membentuk
pengalaman dan proferensi murid-murid nya untuk mengedepankan cara-cara damai
meskipun beragam kesulitan akan menghadangnya.
Hubungan Manusia
dengan Pendidikan
Manusia dan pendidikan memiliki
hubungan yang penting dalam rangka mengembangkan segala potensi diri untuk masa
depan serta menumbuhkembangkan kepribadiannya sesuai dengan jati diri bangsa
Indonesia.
Fakta dunia modern menunjukkan
bahwa kaitan pendidikan dengan manusia sangatlah erat dalam memberikan
pengertian-pengertian yang jelas dengan budaya dan etika bangsa Indonesia
kepada peserta didik dengan memberikan pelayanan pendidikan yang optimal.
Fungsi sekolah
dalam pembentukan dan kepribadian anak
yaitu :
1.
Memberikan
pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan daya
intelektual agar anak dapat hidup layak dalam masyarakat.
2.
Membentuk
kepribadian anak sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang ada dalam masyarakat.
3.
Mengembangkan
potensi anak untuk mengenal kemampuannya dan bakatnya, melestarikan kebudayaan
dengan cara mewariskan dari generasi yang satu ke generasi berikutnya.
Namun fakta yang terjadi di dunia modern yaitu
:
1.
Etika
semakin jauh dari tata kesopanan jati diri bangsa Indonesia
2.
Fenomena
mengerikan
3.
Culture
tidak menampakkan ciri budaya bangsa Indonesia.
Asas
yang terkait perlunya pendidikan yaitu:
1.
Asas
keharusan
a.
Makhluk
yang belum selesai
b.
Tugas
dan tujuan manusia
c.
Perkembangan
manusia bersifat terbuka
2.
Asas
kemungkinan pendidikan
a.
Potensial
b.
Dinamika
c.
Individualitas
d.
Sosialitas
e.
Moralitas
Kesimpulan
:
1.
Manusia
adalah makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang paling sempurna dibandingkan
ciptaan Tuhan lainnya.
2.
Yang
membedakan manusia dengan makhluk lain yaitu manusia di berikan atau di
anugerahi akal dan pikiran
3.
Manusia
memiliki potensi untuk menuju manusia yang baik tersebut memberikan pendidikan
kedamaian bagi dirinya dan lingkungan sekitarnya sesuai dengan hakikat manusia
itu sendiri.
4.
Agar
jalan kehidupan manusia segalanya dengan kodratnya dan menghasilkan manusia
yang baik.
Daftar
Rujukan
Sutirna,
H. Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yogyakarta: CV. Andi Offset,
2003.
Foniziddin,
dan Nitya Santi, Novi. Buku Ajar Perkembangan Peserta Didik pada Paud:2012.
Harrah's Cherokee Casino Resort - Mapyro
ReplyDeleteFind Harrah's Cherokee Casino 동해 출장샵 Resort, located in Murphy at 10100 Casino 통영 출장샵 Dr, Harrah's Cherokee Casino 전라남도 출장안마 Resort, located in Murphy 이천 출장샵 at 10100 오산 출장샵 Casino Dr,